HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PADJADJARAN

Rahmadani, Tika Amelia and Sawitri, Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PADJADJARAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
166Kb

Abstract

Fakultas Ilmu Komunikasi merupakan fakultas yang banyak melibatkan kegiatan berbicara di depan umum pada mata kuliahnya. Oleh karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dituntut untuk memiliki kompetensi komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta sumbangan efektif antara citra tubuh dengan kecemasan berbicara di depan umum (public speaking anxiety) pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Sampel dalam penelitian adalah 221 mahasiswa tahun pertama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, yang terdiri dari 72 laki – laki dan 149 perempuan yang diperoleh melalui convenience sampling. Data diperoleh menggunakan Skala Citra Tubuh (33 item; α= .91) dan Skala Kecemasan Berbicara di Depan Umum (31 item, dengan α= .94) yang telah diujicobakan pada 45 mahasiswa. Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien r = -.45 (p<.001), yang menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara citra tubuh dengan kecemasan berbicara di depan umum. Semakin positif citra tubuh maka semakin rendah kecemasan berbicara di depan umum, dan sebaliknya. Citra tubuh memberikan sumbangan efektif sebesar 20.25% terhadap kecemasan berbicara di depan umum, sedangkan sisanya sebesar 79.75% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56229
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Sep 2017 14:25
Last Modified:22 Sep 2017 14:25

Repository Staff Only: item control page