PENGARUH EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) TERHADAP INTEGRITAS MUKOSA ESOFAGUS TIKUS WISTAR YANG DIINDUKSI ETANOL DAN SOFT DRINK

Wahyuni, Risqa and Istiadi, Hermawan and Utomo, Astika Widy (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) TERHADAP INTEGRITAS MUKOSA ESOFAGUS TIKUS WISTAR YANG DIINDUKSI ETANOL DAN SOFT DRINK. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
418Kb
[img]
Preview
PDF
184Kb
[img]
Preview
PDF
164Kb
[img]
Preview
PDF
241Kb

Abstract

Latar belakang: Prevalensi konsumsi alkohol dan soft drink di Indonesia melonjak tinggi. Konsumsi alkohol dan soft drink jenis cola dapat merusak sfingter dan menyebabkan iritasi pada mukosa esofagus. Kersen (Muntingia calabura L.) merupakan tanaman buah tropis yang mudah dijumpai. Daun kersen mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang efektif menghambat mediator inflamasi, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan jaringan dan mengurangi efek buruk etanol dan soft drink terhadap esofagus. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L) terhadap integritas mukosa esofagus tikus wistar yang diinduksi etanol dan soft drink. Metode: Penelitian quasi experimental dengan metode “post test only control group design” menggunakan 26 tikus wistar jantan yang terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu K1 diinduksi etanol 40% 1,8 ml/hari, K2 diinduksi soft drink 50 ml/hari, P1 diberikan ekstrak daun kersen 500 mg/kgBB kemudian etanol 40%, P2 diberi ekstrak daun kersen 500 mg/kgBB kemudian soft drink 50 ml/hari. Perlakuan selama 30 hari, lalu tikus diterminasi dan dilakukan pengamatan mikroskopis dengan kriteria Barthel-Manja. Hasil: Kelompok K1 dan K2 menunjukkan kerusakan pada mukosa esofagus. Sedangkan kelompok P1 dan P2 terdapat perbaikan yang bermakna. Terdapat perbedaan signifikan integritas mukosa esofagus antara kelompok K1 dengan kelompok P1 (p=0,000) dan antara kelompok K2 dengan kelompok P2 (p=0,000). Perbedaan yang tidak signifikan terdapat antara kelompok K1 dengan kelompok K2 (p=0,061) dan kelompok P1 dengan kelompok P2 (p = 0,045). Kesimpulan: Pemberian ekstrak daun kersen 500 mg/kgBB memberikan perbaikan yang bermakna terhadap integritas mukosa esofagus tikus wistar yang diinduksi etanol dan soft drink. Kata kunci: Etanol, soft drink, integritas mukosa esofagus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RB Pathology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56205
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Sep 2017 11:24
Last Modified:20 Sep 2017 11:24

Repository Staff Only: item control page