PERBANDINGAN NILAI VO2MAX DAN DENYUT NADI LATIHAN PADA PEMAIN FUTSAL DENGAN PEMAIN SEPAK BOLA (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro)

Warsono, Ocky Dermawan Yudha Hari and Widodo, Sumardi and Kumaidah, Endang (2017) PERBANDINGAN NILAI VO2MAX DAN DENYUT NADI LATIHAN PADA PEMAIN FUTSAL DENGAN PEMAIN SEPAK BOLA (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
457Kb
[img]
Preview
PDF
201Kb
[img]
Preview
PDF
896Kb
[img]
Preview
PDF
468Kb

Abstract

Latar belakang : Mengukur nilai VO2Max dan denyut nadi latihan adalah cara untuk menilai kebugaran jasmani. Banyak cabang olahraga yang dapat dilakukan untuk mencapai kebugaran jasmani, diantaranya adalah Futsal dan Sepak bola. Tujuan : Membandingkan nilai VO2Max dan denyut nadi latihan pada pemain Futsal dengan pemain Sepak bola di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro. Metode : Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pemain Futsal dan pemain Sepak bola Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro (n=16 tiap kelompok) yang diukur VO2Max nya dengan Bleep Test (Multistage Fitness Test) dan denyut nadi latihan dengan meraba arteri radialis selama 1 menit setelah melakukan Bleep Test (Multistage Fitness Test). Uji hipotesis menggunakan uji T – tidak berpasangan. Hasil : Rerata nilai VO2Max dan denyut nadi latihan pemain Futsal di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro adalah 46,56 ± 5,88 ml/kg/menit dan 144,88 ± 15,82 denyut/menit. Rerata nilai VO2Max dan denyut nadi latihan pemain Sepak bola di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro adalah 40,10 ± 3,27 ml/kg/menit dan 145,00 ± 25,05 denyut/menit. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,001) pada nilai VO2Max pemain Futsal dengan pemain Sepak bola. Sementara itu tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,987) pada nilai denyut nadi latihan pemain Futsal dengan pemain Sepak bola di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro. Kata kunci : Futsal, Sepak bola, VO2Max, denyut nadi latihan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QP Physiology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56118
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:15 Sep 2017 11:36
Last Modified:15 Sep 2017 11:36

Repository Staff Only: item control page