ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PEMBELIAN BENIH PADI PADA PETANI DI KECAMATAN KESESI, KABUPATEN PEKALONGAN

Akbar, Ilham (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PEMBELIAN BENIH PADI PADA PETANI DI KECAMATAN KESESI, KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Progam Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
265Kb
[img]
Preview
PDF
13Kb
[img]
Preview
PDF
80Kb
[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]
Preview
PDF
227Kb
[img]
Preview
PDF
49Kb
[img]
Preview
PDF
60Kb
[img]
Preview
PDF
1253Kb
[img]
Preview
PDF
50Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pembelian benih padi dan mengetahui pengaruh harga, luas lahan, jarak tanam, dan persepsi terhadap varietas benih padi terhadap jumlah pembelian benih padi di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Februari hingga Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah survai. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling berdasarkan luas lahan yaitu tersempit, sedang dan terluas, masing - masing adalah Desa Kesesi, Desa Watugajah, dan Desa Srinahan. Pengambilan sampel dilakukan melalui quota sampling yaitu pada masing - masing desa sebanyak 20 petani sehingga responden dalam penelitian berjumlah 60 orang. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pembelian benih padi yaitu 18,78 kg/ha dalam setiap musim tanam. Harga, luas lahan, jarak tanam, dan persepsi terhadap varietas benih padi mempengaruhi jumlah pembelian benih padi secara serempak sedangkan luas lahan dan jarak tanam secara parsial berpengaruh terhadap jumlah pembelian benih padi. Kata kunci: jumlah benih, padi, pembelian, petani.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:56074
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2017 10:26
Last Modified:04 Dec 2017 10:26

Repository Staff Only: item control page