HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN RESILIENSI PADA ISTRI ANGGOTA SATUAN BRIGADE MOBIL KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH (SATBRIMOB POLDA JATENG)

PERMATASARI, ANNISA PUTRI and SISWATI, SISWATI (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN RESILIENSI PADA ISTRI ANGGOTA SATUAN BRIGADE MOBIL KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH (SATBRIMOB POLDA JATENG). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
161Kb

Abstract

Anggota Bhayangkari sebagai istri anggota Polri memegang peranan yang sangat penting dalam rumah tangga. Perpisahan dalam jangka waktu tertentu ketika suami melaksanakan dinas luar atau Bantuan Kendali Operasi (BKO) mengharuskan anggota Bhayangkari untuk dapat menyesuaikan diri, bangkit, dan beradaptasi dari situasi sulit atau yang disebut dengan resiliensi. Self-compassion dapat membantu anggota Bhayangkari dalam menghadapi situasi sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada istri anggota Satbrimob Polda Jateng. Populasi berjumlah 139 dan sampel penelitian sebanyak 73 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala resiliensi (36 aitem valid, α=0,913) dan skala self-compassion (22 aitem valid, α=0,858). Hasil analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,738 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif antara self-compassion dengan resiliensi pada istri anggota Satbrimob Polda Jateng, dengan sumbangan efektif sebesar 54,5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55504
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Aug 2017 09:47
Last Modified:25 Aug 2017 09:47

Repository Staff Only: item control page