LUARAN MATERNAL DAN PERINATAL PADA IBU HAMIL DENGAN PREEKLAMPSIA DI RSUD SEMARANG TAHUN 2015(ANALISIS FAKTOR RISIKO OBESITAS)

Perdana, Muhammad Farras Razin and Trisetiyono, Yuli and Saktini, Fanti and Dewantiningrum, Julian (2017) LUARAN MATERNAL DAN PERINATAL PADA IBU HAMIL DENGAN PREEKLAMPSIA DI RSUD SEMARANG TAHUN 2015(ANALISIS FAKTOR RISIKO OBESITAS). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
446Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]
Preview
PDF
248Kb
[img]
Preview
PDF
392Kb

Abstract

Latar Belakang Jumlah kasus preeklampsia yang tinggi menyebabkan kematian dan morbiditas pada maternal dan perinatal dan jumlah kasus obesitas yang tinggi mendukung berkembangnya penyakit preeklampsia pada ibu hamil, oleh karenanya perlu dilakukan penelitian mengenai faktor risiko obesitas yang mempengaruhi luaran maternal dan perinatal pada ibu hamil dengan preeklampsia. Tujuan Menganalisis perbedaan luaran maternal dan perinatal pada ibu hamil dengan preeklampsia yang memiliki dan tidak memiliki faktor risiko obesitas Metode Penelitian ini berjenis deskriptif analitik dan menggunakan pendekatan belah lintang.menggunakan data rekam medis ibu hamil dengan preeklampsia dan melahirkan di RSUD Semarang tahun 2015. Hasil Terdapat 157 pasien hamil dengan preeklampsia. 86 pasien mengalami obesitas dan 71 pasien tidak mengalami obesitas. Komplikasi luaran maternal terbanyak adalah Edema paru sebesar 9,6%. Tidak ada mortalitas maternal pada penelitian ini. Komplikasi luaran perinatal terbanyak adalah kelahiran prematur sebesar 14%. Mortalitas perinatal hamil preeklampsia pada penelitian ini sebesar 1,9 %. Dari hasil penelitian yang dilakukan, perbedaan distribusi kejadian komplikasi luaran maternal dan perinatal antara kehamilan dengan preeklampsia pada ibu yang mengalami obesitas dan tidak mengalami obesitas adalah bermakna pada komplikasi luaran perinatal berupa kelahiran prematur, asfiksia, dan berat bayi lahir rendah. (p = 0,04) Kesimpulan Dari hasil penelitian yang dilakukan, perbedaan distribusi kejadian komplikasi luaran maternal dan perinatal antara kehamilan dengan preeklampsia pada ibu yang mengalami obesitas dan tidak mengalami obesitas adalah bermakna pada komplikasi luaran perinatal berupa kelahiran prematur, asfiksia, dan berat bayi lahir rendah. Kata Kunci : kehamilan, preeklampsia, kehamilan dengan preeklampsia, obesitas, luaran maternal, luaran perinatal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:55458
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:16 Aug 2017 11:42
Last Modified:16 Aug 2017 11:42

Repository Staff Only: item control page