PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BARU DAN STRATEGI PENGADAAN TANAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

HUTAPEA, Handayani and SUWANDONO, Djoko (2014) PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BARU DAN STRATEGI PENGADAAN TANAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
145Kb

Abstract

Permasalahan yang cukup rumit untuk memenuhi keinginan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah layak huni adalah ketersediaan tanah. Tingginya intensitas pembangunan, jumlah penduduk yang terus meningkat dan tanah merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui membuat keberadaan tanah semakin langka. Tentu saja hal ini membuat akses ke tanah semakin sulit, melonjaknya harga tanah serta spekulan tanah berlomba – lomba memiliki tanah sehingga pemanfaatan tanah yang tidak teratur terutama di kawasan yang strategis. Tidak hanya itu, rumah yang disediakan di pasar juga kurang mampu memenuhi kebutuhan akan hunian. Pada saat ini jumlah rumah yang ada tidak sebanding dengan jumlah permintaan akan rumah. Untuk wilayah Jawa Tengah setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 20.000 – 25.000 unit rumah tiap tahun. Diprediksi akan mengalami pengingkatan sebesar 5% - 6% tiap tahunnya. Tentu saja hal ini membuat MBR semakin jauh dari rumah yang layak huni dan murah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55447
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:16 Aug 2017 10:34
Last Modified:16 Aug 2017 10:34

Repository Staff Only: item control page