Manajemen Pemasaran Semen Beku di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

PURMADI, Mttaqin and BUDIRAHARJO, Kustopo (2017) Manajemen Pemasaran Semen Beku di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
342Kb
[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
175Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

388Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

688Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1213Kb

Abstract

Praktek kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2017 di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah untuk mengkaji manajemen pemasaran meliputi Product, Price, Place dan Promotion dalam menciptakan kepuasan konsumen di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari. Manfaat yang dapat diperoleh dari PKL ini adalah mahasiswa mendapatkan tambahan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kerja dalam bidang manajemen pemasaran dan dapat membandingkan dengan teori yang didapat serta dapat mengaplikasikannya di masyarakat. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan PKL ini adalah partisipasi aktif dengan mengikuti kegiatan yang ada di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari. Metode pengumpulan data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data yang telah diperoleh kemudian diolah, dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan pustaka, kemudian disusun menjadi sebuah laporan praktek kerja lapangan (PKL). BBIB Singosari merupakan unit pelaksana Teknis (UPT) Direktorat jendral peternkana dan kesehatan Hewan yang bergerak di bidang pemasaran, produksi dan memantau mutu semen pejantan unggul serta pengembangan inseminasi buatan yang berdiri sejak tahun 1976. BBIB Singosari terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Distribusi semen beku di BBIB Singosari terdapat dua alur yaitu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditetapkan oleh Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan dan yang kedua melalui Badan Layanan Umum (BLU). Straw disimpan dalam container yang berisi nitogen cair yang terisi sampai leher container. Straw yang normal apabila dimasukan kedalam nitrogen cair, maka akan tenggelam, apabila straw yang afkir maka straw akan meletup atau mengapung. Balai Besar Inseminasi Buatan memiliki 2 sistem cara memperkenalkan semen beku kepada pengguna dan calon pengguna semen beku yaitu promosi secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Malang dapat disimpulkan bahwa produk yang dijual di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari adalah berupa semen beku, distribusi semen beku terdapat 2 alur yaitu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Badan Layanan Umum (BLU), tetapi pada pemesanan semen beku sapi perah melalui jalur BLU. Penentuan harga semen beku ditentukan oleh Menteri Keuangan berdasarkan biaya operasional pembuatan semen beku, memiliki 2 cara promosi semen beku yaitu promosi secara langsung dan promosi secara tidak langsung.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55272
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Aug 2017 14:25
Last Modified:10 Aug 2017 14:25

Repository Staff Only: item control page