Tabah di Dalam Kekuranganku Studi Kualitatif Mengenai Hardiness pada Individu Dewasa Madya Penyandang Tunadaksa yang Bekerja

abiyoga, idham and Sawitri, Dian Ratna (2017) Tabah di Dalam Kekuranganku Studi Kualitatif Mengenai Hardiness pada Individu Dewasa Madya Penyandang Tunadaksa yang Bekerja. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
142Kb

Abstract

“TABAH DI DALAM KEKURANGANKU” Studi Kualitatif Mengenai Hardiness pada Individu Dewasa Madya Penyandang Tunadaksa yang Bekerja Muhammad Idham Abiyoga, Dian Ratna Sawitri Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Indonesia 50275 idhamabiyoga@outlook.com, dian.r.sawitri@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui hardiness pada individu dewasa madya penyandang tunadaksa yang bekerja.Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dengan teknik purposive.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki kepribadian hardiness dalam bekerja yang dikembangkan dengan cara yang berbda tergantung dengan latar belakang ketunadaksaan sejak lahir atau ketunadaksaan diperoleh ketika dewasa. Kepribadian hardiness subjek 1 yang mengalami ketunadaksaan karena kebakaran, berkembang karena tanggung jawabnya terhadap keluarga.Keinginan untuk hidup mandiri menjadikan subjek 2 memiliki kepribadian hardiness.Rasa syukur dan dukungan dari orang-orang di sekitar menjadikan subjek 3 dapat mengembangkan kepribadian hardiness. Kata Kunci: Fenomenologi; Hardiness; Dewasa madya; Penyandang tunadaksa; Bekerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55111
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Aug 2017 11:43
Last Modified:01 Aug 2017 11:43

Repository Staff Only: item control page