FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Studi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang)

Rahardjo, Clement Octavianus and Dharmana, Edi and Kisdjamiatun, Kisdjamiatun (2017) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (Studi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
656Kb
[img]
Preview
PDF
298Kb
[img]
Preview
PDF
264Kb

Abstract

Latar Belakang: Stres didefinisikan sebagai respon yang tidak spesifik dari tubuh terhadap tuntutan yang diterimanya. Pemadatan materi pada kurikulum KBK dapat menambahkan beban pada mahasiswa. Kuantitas tidur yang kurang dan kegagalan adaptasi mahasiswa dapat menyebabkan stres pada mahasiswa. Tujuan: Mengetahui gambaran hubungan asal mahasiswa dan kuantitas tidur terhadap kejadian stres pada mahasiswa fakultas kedokteran dengan kurikulum KBK. Metode: Penelitian analitik menggunakan pendekatan cros sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2016. Sampel diberikan kuesioner stress (DASS). Skor DASS dihitung menggunakan uji chi-square. Hasil: Dari 98 subjek penelitian, tidak didapatkan hubungan bermakna antara asal mahasiswa dengan kejadian stres dengan p=0,553 (p>0,05). Hubungan yang bermakna didapatkan antara kuantitas tidur dengan kejadian stress mahasiswa dengan p=0,014 (p<0,05) Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kuantitas tidur dengan kejadian stres mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan kurikulum KBK. Tidak terdapat hubungan antara asal mahasiswa dengan kejadian stres mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan kurikulum KBK. Kata kunci: stres, kuantitas tidur, adaptasi, KBK

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:54339
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jun 2017 14:31
Last Modified:20 Jun 2017 14:31

Repository Staff Only: item control page