Total Bakteri, Gram Positif/Negatif dan Bakteri Asam Laktat pada Pollard yang Difermentasi dengan Berbagai Aras Ekstrak Buah Nanas. Total Bacteria, Gram Positive/Negative Bacteria and Lactid Acid Bacteria in Pollard which Fermented by Various Level Pineapple Extract

RINI, Luh Werti Puspita and UTAMA, Cahya Setya Utama and MUKODININGSIH, Sri (2014) Total Bakteri, Gram Positif/Negatif dan Bakteri Asam Laktat pada Pollard yang Difermentasi dengan Berbagai Aras Ekstrak Buah Nanas. Total Bacteria, Gram Positive/Negative Bacteria and Lactid Acid Bacteria in Pollard which Fermented by Various Level Pineapple Extract. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]
Preview
PDF
149Kb
[img]
Preview
PDF
173Kb
[img]
Preview
PDF
222Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

172Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

527Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

840Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan ekstrak buah nanas dengan level berbeda pada pollard dan pengaruhnya terhadap kandungan total bakteri, bakteri Gram positif/negativf dan bakteri asam laktat (BAL). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2013 di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan untuk penelitian yaitu starter ekstrak nanas, air kelapa, garam serta molasses dan pollard sebagai bahan utama yang nantinya akan menjadi bahan pakan fermentasi. Perlakuan dibagi menjadi 4 level penambahan starter ekstrak nanas, T0 tanpa pemberian starter sebagai kontrol, T1 20% (292 ml starter + 1165 ml aquades), T2 40% (583 ml starter + 874 ml aquades) dan T3 60% (874 ml starter + 583 ml aquades). Parameter yang diukur meliputi total bakteri, bakteri gram dan BAL (Bakteri Asam Laktat). Semua data hasil penelitian dianalisis menggunakan prosedur analisis ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tidak berpengaruh nyata (p>0,01) terhadap bakteri gram namun berpengaruh sangat nyata (p<0,01) terhadap total bakteri dan total BAL. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa penambahan starter ekstrak nanas 40% dalam fermentasi pollard mampu meningkatkan keberadaan total bakteri dan total BAL (Bakteri Asam Laktat), namun semua perlakuan menghasilkan bakteri Gram yang sama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53884
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 May 2017 11:20
Last Modified:30 May 2017 11:20

Repository Staff Only: item control page