PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI PELAYANAN TERHADAP KETERATURAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG PADA TRIWULAN I TAHUN 2015

ERMAYA, NERY (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI PELAYANAN TERHADAP KETERATURAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN KOTA SEMARANG PADA TRIWULAN I TAHUN 2015. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Angka kematian ibu menjadi salah satu indikator penting dalam mengukur derajat kesehatan masyarakat. Masalah kesehatan ibu dan perinatal juga merupakan masalah Nasional yang perlu mendapatkan prioritas utama, Kota semarang sendiri berada di peringkat kelima tertinggi di Jawa Tengah setelah kota Brebes, Tegal, Banyumas dan Cilacap dengan Angka Kematian Ibu sebesar 109,2 per 100.000 kelahiran hidup atau 29 kasus kematian ibu pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan persepsi pelayanan terhadap keteraturan antenatal care pada ibu hamil di Puskesmas Ngemplak Simongan Kota Semarang pada triwulan I tahun 2015. Metode yang digunakan adalah Explanatory Research dengan pendekatan waktu Cross Sectional Study. Sampel yang digunakan adalah 36 ibu bersalin pada bulan Januari – Maret 2015 dari total populasi sebanyak 44 ibu bayi. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat (deskriptif dan anlitik) dengan menggunakan Korelasi Product Moment dan regresi linear berganda dengan α 5%. Hasil univariat pada variabel motivasi menunjukkan nilai r = 0,639 dengan signifikansi (sig) sebesar 0,000 ( signifikansi < 0,05), artinya ada hubungan yang kuat postiif antara varibel motivasi dengan keteraturan antenatal care. Pada variabel persepsi pelayanan menunjukkan nilai r = 0,852 dengan signifikansi (sig) sebesar 0,000 ( signifikansi < 0,05), artinya ada hubungan yang kuat postiif antara varibel perspesi pelayanan dengan keteraturan antenatal care. Pada analisis regresi berganda didapatkan hasil bahwa keteraturan ibu dalam melakukan antenatal care sebesar 74,9% dipengaruhi oleh motivasi dan persepsi pelayanan. Pemberian pemahaman mengenai pentingnya memeriksakan kehamilan di Puskesmas, untuk meningkatkan persepsi baik ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan Kata Kunci: Antenatal care, Motivasi, Persepsi Pelayanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53103
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Apr 2017 14:13
Last Modified:17 Apr 2017 14:13

Repository Staff Only: item control page