HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANYUMANIK, KOTA SEMARANG, JAWA TENGAH

Harumsari, Citra and Listiara, Anita (2017) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANYUMANIK, KOTA SEMARANG, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
275Kb

Abstract

Guru sebagai tenaga kependidikan dituntut untuk mampu mengajar siswa secara optimal, namun apabila guru tidak mampu menyelesaikan tuntutannya maka akan menimbulkan stres kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan stres kerja pada guru sekolah dasar di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang sebanyak 114 subjek yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala stres kerja (26 aitem valid, α=0,864) dan skala manajemen kelas (39 aitem valid, α=0,905). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan rxy=-0,570 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan negatif antara manajemen kelas dengan stres kerja pada guru sekolah dasar. Guru yang melakukan manajemen kelas dengan baik akan memiliki stres kerja yang rendah, sedangkan guru yang melakukan manajemen kelas dengan buruk akan memiliki stres kerja yang tinggi. Manajemen kelas memberikan sumbangan efektif terhadap stres kerja sebesar 32,5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52769
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:03 Apr 2017 08:36
Last Modified:03 Apr 2017 08:36

Repository Staff Only: item control page