Analisis Faktor - Faktor Motivasional yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat dalam Pelaksanaan Terapi Bermain pada Anak Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. Kariadi Semarang

Mutmaina, Mutmaina and Jati, Sutopo Patria and Sawitri, Dian Ratna (2017) Analisis Faktor - Faktor Motivasional yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat dalam Pelaksanaan Terapi Bermain pada Anak Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. Kariadi Semarang. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]Microsoft Word
30Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Kesehatan Ibu dan Anak 2016 ABSTRAK Dwi Indarti Analisis Faktor - Faktor Motivasional yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat dalam Pelaksanaan Terapi Bermain pada Anak Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. Kariadi Semarang xxiii + 131 halaman + 34 tabel + 4 gambar + 11 lampiran Aktivitas bermain merupakan salah satu cara menstimulasi anak agar perkembangannya berjalan secara optimal. Dalam kondisi sakit atau sedang dirawat di rumah sakit, aktivitas bermain harus tetap dilaksanakan. Namun demikian tidak semua rumah sakit melaksanakan program terapi bermain, hal ini terjadi karena masih kurangnya tanggung jawab tentang mekanisme pemberian terapi bermain dan masih banyak perawat yang terjebak dalam kegiatan rutinitas. Tujuan penelitian ini menganalisa faktor-faktor motivasional yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia prasekolah di ruang rawat inap RSUP Dr. Kariadi Semarang. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian survai analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 53 responden dengan tehnik total sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengetahui faktor motivasional yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia pra sekolah di rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan Kinerja, tanggung jawab, pengembangan potensi, kompensasi, pengakuan, persepsi kerja, kondisi kerja dan kualitas supervisi perawat di ruang rawat inap anak RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagian besar cukup dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak, sedangkan hubungan pribadi perawat di ruang rawat inap anak RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagian besar baik. Faktor motivasional yang terdiri dari Tanggung jawab, pengembangan potensi, kompensasi, pengakuan, kondisi kerja, kualitas supervisi dan hubungan pribadi berhubungan dengan kinerja perawat dalam Pelaksanaan Terapi Bermain Pada Anak Pra Sekolah. Disarankan Lebih meningkatkan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain dengan menciptakan hubungan kerja yang kondusif, memberi fasilitas pengembangan sumber daya manusia melalui seminar, workshop, pelatihan dan pengembangan pendidikannya khususnya dalam keperawatan kesehatan anak. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar kinerja perawat dalam melaksanakan terapi bermain Kata kunci : Faktor Motivasional, Kinerja, Terapi Bermain Kepustakaan: 89 (1989-2016) Diponegoro University Faculty of Public Health Master’s Study Program in Public Health Majoring in Maternal and Child Health 2016 ABSTRACT Dwi Indarti Analysis of Motivational Factors Relating to Nurses’ Performance in Undertaking Play Therapy on Preschool Children at Inpatient Room of Dr. Kariadi Hospital in Semarang xxiii + 131 pages + 34 tables + 4 figures + 11 appendices Playing activities are one of the methods to stimulate children in order to optimise their development. During sick condition or being treated at a hospital, playing activities need to be undertaken. Notwithstanding, not all hospitals had implemented a program of play therapy. This was due to a lack of responsibility about mechanisms of providing play therapy and routine activities of nurses. The aim of this study was to analyse motivational factors relating to nurses’ performance in undertaking play therapy on preschool children at inpatient room of Dr. Kariadi Hospital in Semarang. This was an analytic survey using cross sectional approach. Number of samples were 53 respondents selected using a technique of total sampling. A research instrument used a questionnaire to investigate motivational factors relating to nurses’ performance in undertaking play therapy on preschool children at a hospital. The results of this research showed that the factors of performance, responsibility, potency development, compensation, recognition, work perception, work condition, and quality of supervision at inpatient room of Dr. Kariadi Hospital in undertaking play therapy were mostly good enough whereas the factor of interpersonal relationship of nurses was mostly good. The motivational factors like responsibility, potency development, recognition, work condition, quality of supervision, and interpersonal relationship significantly related to nurses’ performance in undertaking play therapy. Nurses’ performance needs to be improved by creating conducive work relation. Some facilities to develop human resource like seminar, workshop, training, and opportunity to continue a study especially in child health nursing need to be provided. In addition, more conducive work environment needs to be created to improve nurses’ performance in undertaking play therapy. Keywords : Motivational Factors, Performance, Play Therapy Bibliography: 89 (1989-2016)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:51665
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2017 11:16
Last Modified:27 Jan 2017 11:16

Repository Staff Only: item control page