CITY WALK MALL DI MAGELANG

AUDIA , WINNIAR SAVITRI and Sahid, Indraswara and Edi, Purwanto (2016) CITY WALK MALL DI MAGELANG. Undergraduate thesis, universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
932Kb
[img]
Preview
PDF
550Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2895Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

935Kb
[img]
Preview
PDF
200Kb
[img]
Preview
PDF
566Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1876Kb
[img]
Preview
PDF
270Kb
[img]
Preview
PDF
408Kb

Abstract

Kota Magelang ini terletak di tengah kabupaten Magelang. Karena memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta. Sebagai kota yang terkenal dengan pariwisata, Kota Magelang pun berubah perlahan-lahan menjadi kota yang modern sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Magelang yang semakin modern sehingga banyak berdirinya hotel dan pusat perbelanjaan modern seperti toko modern, supermarket dan departement store. Untuk mendukung pengembangan peran dan fungsi Kota Magelang sebagai Pusat Kegiatan Wilayah, serta tanggap dengan dinamika perkembangan dan permasalahan Kota Magelang saat ini, maka Visi Pembangunan Kota Magelang yang akan dituju, adalah: “Terwujudnya Kota Magelang sebagai Kota Jasa yang maju, Bermodal dari kondisi dan letak geografis Kota Magelang yang strategis serta terciptanya pelayanan jasa dalam semua bidang (pendidikan, perdagangan, pariwisata, kesehatan, dsb) perlu peningkatan dan perbaikan penyediaan pelayanan jasa tersebut bagi masyarakat kota dan masyarakat daerah sekitar.” Berdasararkan RTRW Kota Magelang diatas maka pemerintah Kota Magelang ingin membangun dan mengembangkan sebuah pusat kegiatan perekonomian sekaligus sebagai pusat rekreasi masyarakat kota Magelang. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebelumnya alun-alun lah yang sejak dulu menjadi pusat kegiatan masyarakat baik ekonomi maupun rekreasi ataupun berinteraksi, tetapi kebutuhan masyarakat semakin tinggi dan modern sehingga untuk menjawab kebutuhan warga kota Magelang pihak swasta berlomba-lomba untuk mendirikan toko modern bahan pusat perbelanjaan modern seperti salah satunya Armada Town Square. Seakan mall menjadi ruang publik yang ideal karena memang mall telah menjadi tempat tujuan publik untuk berinteraksi sambil belanja. Alun-alun kota pun sudah bukan pilihan utama untuk warga kota Magelang sebagai ruang publik, mereka lebih memilih pusat-pusat perbelanjaan modern. Terlebih lagi Armada Town Square tidak terletak di Kota Magelang melainkan berada di Mertoyudan yaitu sudah merupakan daerah Kabupaten Magelang, sehingga tidak mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi di Kota Magelang dan mematikan kegiatan- kegiatan ekonomi yang ada di Kota Magelang itu sendiri. Dari beberapa tuntutan yang telah dijelaskan diatas maka City Walk Mall dapat menjadi salah satu solusi konsep pusat perbelanjaan baru yang berupa ruang publik kota yang menciptakan kenyamanan dan menghilangkan kejenuhan masyarakat modern saat ini, sebagai tempat berbelanja atau sekedar jalan-jalan yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas hiburan serta open plaza untuk mengadakan pertunjukkan bagi pengunjun dan sebagai salah satu alternatif guna mengontrol aktivitas pada ruang-ruang publik di Magelang agar terkendali. Sehingga dapat menciptakan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
ID Code:50701
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Nov 2016 10:17
Last Modified:01 Nov 2016 10:17

Repository Staff Only: item control page