FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN OBESITAS PADA WARGA BINAAN (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WANITA KOTA SEMARANG)

SILFIYA, SILFIYA (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN OBESITAS PADA WARGA BINAAN (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WANITA KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Obesitas merupakan penimbunan jaringan lemak secara berlebihan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan obesitas pada warga binaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Dilakukan pengukuran antropometri, pengisian kuesioner aktivitas fisik GPAQ dan pengisisan angket stress DASS. Analisis data menggunakan uji chi square. Dari 100 subyek penelitian didapatkan 74,0% responden obesitas. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara jumlah paritas, penggunaan kontrasepsi, riwayat konsumsi alkohol, kebiasaan tidur siang, frekuensi makan, dukungan keluarga, dan tingkat stress dengan obesitas. Terdapat hubungan antara riwayat merokok (p=0,011;POR=3,63;CI 95%), aktivitas fisik (p=0,003;POR=4,589;CI 95%), frekuensi makan selingan (p=0,034;POR=2,95;CI 95%) dengan obesitas. Saran yang diberikan kepada warga binaan adalah mengontrol berat badan dengan membatasi konsumsi makanan camilan serta mengkonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran, bagi lembaga pemasyarakatan mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan status gizi. Kata Kunci: Obesitas, Warga Binaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50388
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2016 09:32
Last Modified:13 Oct 2016 09:32

Repository Staff Only: item control page