PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN LAPAROSCOPY DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI

MAULIDHIKA, VANNISA FANDYAR (2016) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN LAPAROSCOPY DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Perkembangan industri kesehatan saat ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat, salah satunya adalah rumah sakit. Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi adalah salah satu rumah sakit swasta di DKI Jakarta yang memiliki suatu layanan baru yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang cepat dan efisien yaitu bedah Laparoscopy. Namun, utilitas layanan Laparoscopy sampai saat ini masih cendrung rendah. Rendahnya utilitas layanan tersebut disebabkan karena belum maksimalnya kegiatan pemasaran yang dilakukan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan strategi pemasaran layanan laparoscopy di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Exploratory Research dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui indeepth interview dan data sekunder. Informan utama berjumlah 4 orang dan informan triangulasi berjumlah 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi berada dalam Kuadran I pada diagram SWOT yang artinya Rumah Sakit berada di posisi yang menguntungkan, Rumah Sakit memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth strategy) . Adapun strategi yang dapat diterapkan adalah meningkatkan peran dan fungsi pemasaran, memaksimalkan kegitan pemasaran melakukan evaluasi terhadap kegiatan pemasaran yang dilakukan, meningkatkan jenis prosedur bedah yang dapat ditangani dengan laparoscopy, meningkatkan mutu pelayanan, menjalin kerjasama dengan asuransi komersial dan perusahaan, dan menjalin hubungan dengan komunitas masyarakat tertentu. Saran dalam penelitian ini adalah rumah sakit harus meningkatkan mutu pelayanannya dan memaksimalkan kegiatan pemasaran. Kata Kunci: Strategi Pemasaran ; Layanan Laparoscopy

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50164
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Oct 2016 11:50
Last Modified:06 Oct 2016 11:50

Repository Staff Only: item control page