PEMODELAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR PUSAT PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH

Yulianeu, Yulianeu and SUHARNOMO, Suharnomo and DARMASTUTI , Ismi (2015) PEMODELAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR PUSAT PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
56Kb

Abstract

PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah telah menerapkan pengukuran kinerja karyawan yang sistematis berbasis kompetensi. Sistem pengukuran kinerja ini tidak dapat mengetahui tingkat keberhasilan dari strategi divisi sumber daya manusia dalam mewujudkan visi, misi, dan strategi perusahaan. Human Resources Scorecard (HRSC) merupakan sebuah bentuk pengukuran sumber daya manusia yang mengaitkan antara orang-strategi-kinerja untuk diukur sejauh mana peranannya terhadap pencapaian visi, misi, dan strategi perusahaan. Strategi metode campuran dalam penelitian ini adalah urutan analisis kualitatif dan kuantitatif. Tujuan strategi ini adalah untuk merancang peta strategi Divisi SDM dan mengidentifikasi indikator keberhasilan tiap strategy objectives melalui analisis data kualitatif, dan selanjutnya analisis data kuantitatif untuk mengetahui proses pengukuran kinerja SDM dengan metode Human Resources Scorecard berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Objectives Matrix (OMAX). Hasil penelitian ini merekomendasikan peta strategi dan key performance indicator (KPI) masing-masing strategy objectives kepada Divisi Sumber Daya Manusia PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana kegiatan SDM dapat mendukung pencapaian visi, misi, dan strategi perusahaan sebagaimana yang didefinisikan dalam peta strategi. Penelitian ini juga menggambarkan alur pengukuran kinerja SDM menggunakan metode Human Resources Scorecard. Pembobotan tingkat kepentingan perspektif, strategy objectives, lagging indicator dan leading indicator menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Selanjutnya perhitungan skor pencapaian kinerja perusahaan menggunakan Objectives Matrix (OMAX).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48334
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Mar 2016 15:50
Last Modified:29 Mar 2016 15:50

Repository Staff Only: item control page