ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DAN PERILAKU CARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)

Resandi, Muhamad and SUHARNOMO, Suharnomo and Rahardjo, Mudji (2015) ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DAN PERILAKU CARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
178Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap kepuasan kerja perawat, (2) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap perilaku caring, (3) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja perawat terhadap kepuasan pasien, (4) untuk mengetahui pengaruh perilaku caring terhadap kepuasan pasien, (5) untuk mengetahui pengaruh beban kerja perawat terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bersifat confirmatory. Populasi penelitian berasal dari dua sumber responden yang terdiri dari 96 perawat yang berada pada shift pagi dan pasien sejumlah 240. Sejumlah 60 perawat dengan status pegawai tetap di gunakan sebagai sampel dan pasien sejumlah populasi yaitu 240 dijadikan sampel hal ini dikarenakan satu perawat menangani empat pasien. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari empat variabel yang diberikan kepada responden perawat dan pasien dengan indikator yang sama namun pertanyaan yang berbeda. Teknik analisis menggunakan analisis SEM-PLS dengan software WarpPLS yang diperoleh hasil bahwa pengaruh langsung antara beban kerja perawat terhadap kepuasan pasien masih lebih besar dan signifikan (p<0.01) baik menurut perawat maupun pasien (-0.38 dan -0.19) daripada melalui mediasi baik menggunakan kepuasan kerja perawat ( -0.19 dan -0.18) maupun perilaku caring (-0.10 dan -0.05). Dengan demikian variabel kepuasan kerja perawat dan perilaku caring memediasi pengaruh berban kerja perawat terhadap kepuasan pasien secara parsial

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48323
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:29 Mar 2016 15:19
Last Modified:29 Mar 2016 15:19

Repository Staff Only: item control page