PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012)

RAHMA, Alfiarti (2014) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
74Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial (MNJ), kepemilikan institusional (INS), dan ukuran perusahaan (SIZE) terhadap keputusan pendanaan (DER) dan nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Dengan metode purposive sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 36 perusahaan dari 121 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, sedangkan untuk melihat adanya pengaruh mediasi dideteksi menggunakan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap debt to equity ratio, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap debt to equity ratio, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap price to book value, kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap price to book value, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap price to book value, debt to equity ratio memediasi kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap price to book value.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48286
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:28 Mar 2016 15:50
Last Modified:28 Mar 2016 15:50

Repository Staff Only: item control page