PENGARUH INSTITUSIONAL OWNERSHIP, DER, LIKUIDITAS, INSIDER OWNERSHIP, DAN BOARD TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI RETURN ON EQUITY

AFIFAH, Nurul Banad and Wahyudi, Sugeng and AFRIANTO, Denny (2015) PENGARUH INSTITUSIONAL OWNERSHIP, DER, LIKUIDITAS, INSIDER OWNERSHIP, DAN BOARD TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI RETURN ON EQUITY. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
85Kb

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa ada fluktuasi pada kinerja perusahaan di dalam Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2009 - 2012 yang memunculkan fenomena gap yang menjadikan dasar bagi penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Institusional Ownership, DER, Likuiditas, Insider Ownership, dan Board terhadap ROE dan dampaknya terhadap nilai perusahaan pada industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan yang selalu melaporkan laporan keuangannya selama periode 2010-2013, (2) perusahaan yang sahamnya selalu dimiliki manajemen selama periode amatan (2010-2013), (3) perusahaan manufaktur yang selalu memperoleh laba pada perode amatan tahun 2010-2013. Dari beberapa kriteria tersebut didapat sampel sejumlah 25 perusahaan dari Indonesian Market Directory tahun 2010-2013. Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan institusional ownership dan DER berpengaruh signifikan terhadap profibilitas dan nilai perusahaan. Di sisi lain, campur tangan insider onwership dan keberadaan Board mampu meningkatkan nilai perusahaan seperti yang terlihat dalam penelitian ini. Penggunaan DER mampu meningkatkan nilai perusahaan yang ditujukkan dalam penelitian ini yang menunjukkan hasil dibawah level signifikance kurang dari 5%. Penggunaan ROE sebagai variabel mediasi tidak mampu memediasi ROE dalam seluruh variabel independent terhadap nilai perusahaan. Implikasi yang disarankan pada perusahaan adalah dengan mempertimbangkan keberadaan insider, institusional, keberadaan Board dan kebijakan hutang untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:48169
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:23 Mar 2016 14:20
Last Modified:23 Mar 2016 14:20

Repository Staff Only: item control page