PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPEMILIKAN MENEJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN AGENCY COST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ALJUNI, ALJUNI and Wahyudi, Sugeng and Yuniawan, Ahyar (2015) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPEMILIKAN MENEJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN AGENCY COST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
72Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, rasio pembayaran dividen (DPR) dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI selama tahun 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2011-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan dengan periode 2011-2013. Pengujian asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji linearitas. Analisis data digunakan dengan menggunakan analisis jalur dan sobel tes dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA) baik secara langsung maupun melalui mediasi agency cost, terdapat pengaruh yang kuat antara variabel agency cost terhdap kinerja keuangan perusahaan, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel DPR terhadap kinerja keuangan perusahaan melalui mediasi agency cost, tidak terdapat pengaruh yang signifikan ukuran perusahaan tarhadap kinerja keuangan perusahaan baik itu secara langsung maupun melalui mediasi agency cost.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:48142
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:23 Mar 2016 13:08
Last Modified:23 Mar 2016 13:08

Repository Staff Only: item control page