JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DIGESTA USUS HALUS, SEKUM DAN pH DIGESTA AYAM BROILER AKIBAT PEMBERIAN PAKAN CECERAN FERMENTASI PABRIK PAKAN

Widodo, Tri Setyo (2015) JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DIGESTA USUS HALUS, SEKUM DAN pH DIGESTA AYAM BROILER AKIBAT PEMBERIAN PAKAN CECERAN FERMENTASI PABRIK PAKAN. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
1295Kb
[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

221Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

232Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

258Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

704Kb

Abstract

TRI SETYO WIDODO. 23010110130144. 2015. Jumlah Bakteri Asam Laktat (BAL) Digesta Usus Halus, Sekum dan pH Digesta Ayam Broiler akibat Pemberian Pakan Ceceran Fermentasi Pabrik Pakan (The amount of lactic acid bacteria (LAB) digesta illium, secum and pH of the gastrointestinal tract of broilers due to feeding of fermented feed mill spills) (Pembimbing : BAMBANG SULISTIYANTO dan CAHYA SETYA UTAMA). Penelitian untuk menguji pengaruh pakan ceceran fermentasi terhadap jumlah bakteri asam laktat (BAL) dan pH, telah dilaksanakan bulan November 2013 – Januari 2014 di komplek kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dan Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Materi penelitian berupa 105 ekor ayam broiler strain Lohmann Indian River dengan kode MB 202 dengan bobot rata-rata 48,24±4,10 gram. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 3 perlakuan dan 7 ulangan. Perlakuan pakan yang digunakan yaitu T0 = pakan kontrol, T1 = pakan ceceran dan T2 = pakan ceceran fermentasi. Parameter yang diukur adalah jumlah bakteri asam laktat pada digesta dan pH saluran pencernaan. Pengukuran jumlah bakteri asam laktat pada digesta meliputi organ usus halus dan sekum. Pengkuran pH saluran pencernaan meliputi tembolok, proventrikulus, gizzard, usus halus, dan sekum. Pengaruh pemberian pakan ceceran fermentasi berpengaruh nyata terhadap bakteri asam laktat pada digesta usus halus (p<0,05), tetapi tidak berpengaruh nyata pada sekum. Pemberian pakan ceceran fermetasi tidak berpengaruh nyata terhadap pH pada organ tembolok, proventrikulus dan sekum, namun berbeda nyata pada gizzard dan usus halus(p<0,05). Simpulan penelitian bahwa pemberian pakan ceceran fermentasi memberikan respon yang berbeda dalam setiap organ terhadap peningkatkan bakteri asam laktat (BAL) dan pH organ pencernaan. Pemberian pakan ceceran pabrik pakan fermentasi berpengaruh positif dengan menurunkan pH pada gizzard dan meningkatkan jumlah bakteri asam laktat pada usus halus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:48076
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Mar 2016 14:52
Last Modified:21 Mar 2016 14:52

Repository Staff Only: item control page