Hubungan Karakteristik Pemilih, Konsumsi Media, dan Interaksi Peergroup, Dengan Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Presiden 2014 di Kabupaten Brebes

Fitri , Norhabiba (2015) Hubungan Karakteristik Pemilih, Konsumsi Media, dan Interaksi Peergroup, Dengan Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Presiden 2014 di Kabupaten Brebes. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
172Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
289Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
343Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
447Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
192Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
123Kb

Abstract

Partisipasi pemilih nasional saat pilpres mencapai 69,58% dengan target 75%. Partisipasi pilpres di Jawa tengah 71,25%. Partisipasi Kabupaten Brebes sebesar 61,59%. Partisipasi ini selalu rendah di setiap pemilihan umum. Tipe penelitian adalah eksplanatif. Penelitian ini akan menguji aspek-aspek dalam uses and gratification yang dihubungkan dengan perilaku pemilih. Penelitian ini sengaja memilih pada daerah dengan partisipasi rendah, untuk membandingkan temuan yang nantinya berguna untuk pemangku kebijakan atau KPU untuk strategi yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara konsumsi media, interaksi peergroup dan perilaku memilih. Berdasarkan uji korelasi, hubungan konsumsi media dan perilaku pemilih bersifat positif, korelasi kuat sebesar 0,604, dan nilai signifikansi 0,000. Hubungan interaksi peergroup dan perilaku pemilih bersifat positif, korelasi kuat sebesar 0,542, dan nilai signifikansi 0,000. Hubungan karakteristik pemilih dan perilaku pemilih bersifat negatif, korelasi lemah sebesar -0,273, dan nilai signifikansi 0,003. Arah hubungan positif berarti semakin tinggi konsumsi media dan interaksi peergroup semakin tinggi perilaku memilihnya. Media dapat berperan untuk mencerahkan warga dengan isi pemberitaan terutama saat pemilihan presiden. Untuk stakeholder yang berkepentingan digunakan dalam merumuskan strategi menambah jumlah pemilih. Bagi pemilih diharapkan penelitian ini mampu memberikan gambaran perilaku pemilih di wilayah minim. Key Words : perilaku memilih, konsumsi media, interaksi peergroup, uses gratifications, partisipasi rendah National participation of presidential election 69,58%, general election commission having target 75%. In Central Java, participation reach 71,25%, while Brebes participation 61,59%. Brebes always get low participation on every election. This kind of research is explanative and try to test uses and graitifications connected with voting behavior. The result of this research have function for stakeholder with low participation to create better strategy. The result show that there are positive correlation of media consumption, peergroup interaction toward voting behavior in Brebes. Based on correlation test, correlation of media consumption and voting behavior are positive, strong correlation 0,604, and significant number 0,000. Correlation peergroup interaction and voting behavior are positive, strong correlation 0,542, and significant number 0,000. Correlation of voter’s characteristic and voting behavior are negative, weak correlation -0,273, and significant number 0,003. The positive direction means that higher media consumption and peergroup interaction also higher for voting behavior. Media could take a part as enlightment society with content of news, especially when election. For stakeholder,this research have function get strategy reach more voters. This research have description for voters in minimum social economi condition Key Words : voting behavior, media consumption, peergroup interaction, uses gratifications, low participation

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:48065
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Mar 2016 08:21
Last Modified:21 Mar 2016 08:21

Repository Staff Only: item control page