UJI KINERJA ALAT DEMINERALIZER DALAM PENURUNAN KESADAHAN AIR DIII TEKNIK KIMIA MENGGUNAKAN METODE KOMPLEKSOMETRI (performance test Demineralizer for decreasing water hardness of DIII Chemical Engineering using complexometric titration method)

FAIZIN, FAHMI NUR (2015) UJI KINERJA ALAT DEMINERALIZER DALAM PENURUNAN KESADAHAN AIR DIII TEKNIK KIMIA MENGGUNAKAN METODE KOMPLEKSOMETRI (performance test Demineralizer for decreasing water hardness of DIII Chemical Engineering using complexometric titration method). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
59Kb
[img]
Preview
PDF (HALAMAN PENGESAHAN) - Published Version
50Kb
[img]
Preview
PDF (KATA PENGANTAR) - Published Version
60Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
57Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR TABEL) - Published Version
41Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK) - Published Version
43Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
68Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
127Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
53Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
94Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

63Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

215Kb
[img]PDF (BAB VII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

66Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
59Kb

Abstract

Air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Air mempunyai ikatan Hidrogen yang cenderung bersatu padu untuk menentang kekuatan dari luar yang akan memecahkan ikatan-ikatan ini. Pertukaran ion secara luas digunakan untuk mengolah air dan limbah cair terutama di gunakan pada proses penghilangan kesadahan dan dalam proses deminarilisasi air,kararenakan pertimbangan pengambian kasi industri di daerah pantai atau dekat dengan laut yang menyebabkan air tersebut banyak mengandung ion-ion. Kesadahan air terjad karena adanya kation atau garam Mg+ atau Ca+ serta anion SO42- atau CO2- yang terlarut dalam air. Kesadahan air adalah kandungan mineral tertentu didalam air, umumnya ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbamat. Air sadah atau air keras adalah air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, sedangkan air lunak adalah kadar mineral yang sedikit. Dalam sistem demineralized industri umumnya air yang sudah dideminkan dipakai untuk air umpan boiler agar boiler lama kelamaan tidak mengalami korosi. Resin penukar ion adalah suatu senyawa hidrokarbon yang terpolimerisasi. Senyawa ini memiliki ikatan silang atau dengan nama lain disebut cross-linking dan memiliki gugus-gugus fungsional dan memiliki ion –ion yang dapat dipertukarkan dengan ion senyawa lain. Metode yang digunakan untuk menentukan kesadahan adalah dengan menggunakan metode titrasi kompleksometri yang bertujuan untuk menentuaan kadar akhir kesadahan tiap variabel waktu. Kata kunci: air, demineralized, titrasi, kesadahan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47928
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2016 14:10
Last Modified:14 Mar 2016 14:10

Repository Staff Only: item control page