STRATEGI KESANTUNAN DALAM TINDAK TUTUR PENOLAKAN PADA RANAH KERJA DAN RANAH KELUARGA (Studi Kasus Bahasa Indonesia Dialek Gorontalo)

Elionora H. K. Koem A4C008008, Koem (2011) STRATEGI KESANTUNAN DALAM TINDAK TUTUR PENOLAKAN PADA RANAH KERJA DAN RANAH KELUARGA (Studi Kasus Bahasa Indonesia Dialek Gorontalo). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
60Kb
[img]
Preview
PDF
48Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
159Kb
[img]
Preview
PDF
208Kb
[img]
Preview
PDF
13Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
23Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk -bentuk tindak tutur penolakan BIDG, menjelaskan strategi kesantunan dalam tindak tutur penolakan BIDG pada ranah kerja, dan menjelaskan bentuk strategi kesantunan dalam tindak tutur penolakan BIDG pada ranah keluarga. Penelitian ini juga dibatasi oleh penggunaan Bahasa Indonesia Dialek Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik Discourse Completion Test (DCT) atau Tes Melengkapi Wacana (TMW). Data yang diperoleh merupakan data yang diambil dalam dua ranah yakni keluarga dan kerja, serta berasal dari sampel yang sama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel (satuan lingual) yang secara sengaja diambil karena dianggap bahwa sampel tersebut memiliki unsur-unsur yang ingin dianalisis. Satuan lingual tersebut adalah bentuk-bentuk tindak tutur penolakan dan strategi kesantunan yang digunakan penutur BIDG pda ranah kerja maupun ranah keluarga. Berdasarkan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa bentuk bentuk penolakan yang dilakukan oleh penutur BIDG terdiri atas penolakan langsung dan penolakan tidak langsung yakni 1) menggunakan alasan, 2) pernyataan penyesalan, 3) memberi janji, 4) memberi alternatif, dan 5) penerimaan di masa depan/lampau. Strategi kesantunan yang digunakan penutur BIDG adalah (a) strategi kesantunan bertutur apa adanya, (b) strategi kesantunan positif berjumlah tiga belas strategi yaitu strategi 1, strategi 2, strategi 4, strategi 5, strategi 6, strategi 7, strategi 8, strategi 9, strategi 10, strategi 11, strategi 13, strategi 14, dan strategi 15, (c) strategi kesantunan negatif berjumlah delapan strategi yakni strategi 1, strategi 2, strategi 3, strategi 4, strategi 5, strategi 6, strategi 7, and strategi 8 , dan (d) strategi kesantunan ‘tanpa publikasi’ (off record) terdiri dari tiga strategi yakni strategi 1, strategi 2, dan strategi 13. Perbedaan bentuk tuturan penolakan dan strategi kesantunan yang digunakan oleh penutur BIDG dipengaruhi oleh variabel -variabel sosial yaitu jarak sosial di antara P dan MT, tingkat kekuasaan P terhadap MT atau

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:STRATEGI KESANTUNAN DALAM TINDAK TUTUR PENOLAKAN PADA RANAH KERJA DAN RANAH KELUARGA (Studi Kasus Bahasa Indonesia Dialek Gorontalo)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:47893
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2016 20:16
Last Modified:14 Mar 2016 20:16

Repository Staff Only: item control page