PENGARUH IDEAL DISCHARGE PLANNING TERHADAP KEMAMPUAN SELF CARE PASIEN DIABETES MELITUS : STUDI PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD KOTA MATARAM DAN RSUD PROVINSI NTB

Astuti, Febriati and Suhartono, Suhartono and Sulisno, Madya (2016) PENGARUH IDEAL DISCHARGE PLANNING TERHADAP KEMAMPUAN SELF CARE PASIEN DIABETES MELITUS : STUDI PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD KOTA MATARAM DAN RSUD PROVINSI NTB. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1042Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2797Kb
[img]Microsoft Word
32Kb

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan tapi dapat dikontrol. Self care diabetes adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengontrol diabetes yang meliputi pengaturan makan (diit), exercise, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kaki dan terapi. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan didapatkan bahwa pasien tidak melakukan self care dengan baik mulai dari diit tidak dilakukan, minum obat dan kontrol gula darah jarang dilakukan, serta sudah adanya luka pada kaki. Agar tercapainya kemampuan self care yang baik dibutuhkan peran serta tenaga kesehatan. IDEAL discharge planning adalah suatu perencanaan pulang yang melibatkan pasien dan keluarga dalam mempersiapkan pemulangan pasien kerumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IDEAL discharge planning di RSUD Kota Mataram dengan discharge planning rutin di RSUD Provinsi NTB terhadap kemampuan self care pasien diabetes melitus. Desain penelitian Quasy Experimental. Populasi adalah semua pasien diabetes melitus. Sampel secara consecutive sampling dengan besar sampel berdasarkan dua proporsi kelompok independen sebanyak 40 orang. Instrumen self care berisi 9 item pertanyaan yang terdiri dari pengaturan makan (diit), exercise, kontrol gula darah, pemeriksaan kaki dan terapi. Skor 9-22 (self care tidak baik) dan skor 23-36 (self care baik). Hasil uji statistik pengaruh IDEAL discharge planning terhadap kemampuan self care pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi didapatkan hasil bahwa ada perbedaan yang bermakna terhadap kemampuan self care pasien diabetes melitus dengan nilai p value 0,000 dengan nilai delta 8,6 pada kelompok intervensi lebih besar dibandingkan dengan nilai delta 4,5 pada kelompok kontrol yang hanya diberikan discharge planning rutin yang dilakukan di rumah sakit.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:47766
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Mar 2016 10:10
Last Modified:02 Mar 2016 10:10

Repository Staff Only: item control page