GAMBARAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA (Studi pada 6 SD Swasta di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang)

PUTRI, CITA FITRIA (2015) GAMBARAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA (Studi pada 6 SD Swasta di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Menarche dini adalah menstruasi pertama yang terjadi sebelum usia 12 tahun. Prevalensi menarche dini di Indonesia pada tahun 2010 adalah sebesar 20,9%. Menarche dini diketahui menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan prevalensi menarche dini dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian menarche dini pada anak SD Swasta di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitaif cross sectional dengan metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak SD Swasta kelas IV, V dan VI di Kecamatan Banyumanik dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 230 menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan angka prevalensi menarche sebesar 20,9%. Menarche dini paling banyak terjadi pada anak dengan status gizi overweight, memiliki asupan lemak baik, asupan protein lebih, asupan kalsium baik, dan asupan serat kurang. Menarche dini juga banyak terjadi pada anak dengan status sosial ekonomi tinggi, memiliki ibu dengan riwayat menarche dini, dan terpapar oleh media audio visual. Anak yang telah mengalami menarche dini memiliki banyak perubahan fisik yang diikuti oleh perubahan psikologis bersifat positif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hampir semua faktor yang mempercepat terjadinya menarche ditemukan pada anak SD Swasta. Diharapkan orang tua lebih memperhatikan asupan gizi anak dan sekolah mengajarkan materi kesehatan reproduksi sejak dini serta melakukan pendampingan pada anak yang telah mengalami menarche. Kata Kunci: menarche dini, anak SD swasta

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:47532
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Feb 2016 09:47
Last Modified:09 Feb 2016 09:47

Repository Staff Only: item control page