Strategi Komunikasi Kampanye ASI Eksklusif oleh AIMI Jateng (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)

Jeratallah, Aram Dani (2015) Strategi Komunikasi Kampanye ASI Eksklusif oleh AIMI Jateng (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.

[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
71Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
195Kb
[img]
Preview
PDF (Cover) - Published Version
379Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
90Kb

Abstract

ABSTRAK: Peneltian mengenai sebuah organisasi bernama AIMI, yaitu sebuah lemabaga non profit yang memperjuangkan asi, agar masyarakat sadar akan pentingnya asi eksklusif pada bayinya. Penelitian ini dilakukan karena melihat kerja kerasnya AIMI dari dasar dengan memanfaatkan semua sosial media sehingga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ASI eksklusif, dengan beberapa cara dalam sebuah kampanye sosial. Tujuannya adalah melihat secara komprehensif strategi kampanye komunikasi ASI Eksklusif yang dilakukan oleh AIMI Jateng dikota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kampanye ASI yang dilakukan oleh AIMI melalui media sosial, dapat mempengaruhi banyak orang yang mengerti media. Serta kegiatan outdoor yang dilakukan juga bisa memberikan dampak yang positif dengan banyaknya konsultasi, peserta yang masuk dalam kelas edukASI dan pembentukan cabang AIMI dikota lain. Pemerintah kota Semarang sudah mengakui keberhasilan AIMI memberikan pengaruh besar dalam meniningkatkan angka asi eksklusif dengan kerja sama yang sudah dilakukan selama ini. Kata Kunci : kampanye, ASI eksklusif, media sosial, AIMI ABSTRACT: Research on an organization called AIMI, which is a non-profit striving organization, so that people are aware of the importance of exclusive breastfeeding her baby. This research was conducted by sight AIMI hard work from the bottom to take advantage of all the social media to help raise awareness about the importance of exclusive breastfeeding, in some ways in a social campaign.. The purpose is to see the communication campaigns strategy of exclusive breastfeeding comprehensively conducted by AIMI of Central Java in Semarang city. This study used a qualitative approach with in-depth interviews. The results showed that, breastfeeding campaign conducted by AIMI through social media, could affect a lot of people who understand the media. As well as the performed outdoor activities could also provide a positive impact by the number of consultations, participants who joined the edukASI class and the establishment of AIMI branch in the other city. Semarang city government has recognized the success of AIMI give a big influence increase number of exclusive breastfeeding with the cooperation that has been done so far. Keywords: campaign, exclusive breastfeeding, social media, AIMI

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:46878
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2015 21:16
Last Modified:18 Dec 2015 18:12

Repository Staff Only: item control page