INDARWATI, INDARWATI (1997) STUDI DESKRIPSI TENTANG PERBEDAAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN IV YANG DIAJARKAN DENGAN METODE CERAMAH TANYA-JAWAB DAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS II SPK AISYIYAH SURAKARTA TAHUN 1996/1997. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 26Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
Prestasi belajar dapat digaunakan sebagai indikator mutu pendidikan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah dan tanya jawab dengan metode diskusi kelompok. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah meode survei dengan pendekatan cross sectional dan intervensi. Responden yang diteliti adalah siswa SPK Aisyiyah Surakarta kelas II yang berjumlah 80 siswa. Sedangkan uji statistik yang digunakan adalah uji t, dengan db yang diperoleh adalah 78, harga t tabel 1%=2,660. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan bermakna antara nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah-tanya jawab dengan metode diskusi kelompok. Dengan nilai t analisa=4,722, sehingga t analisa> t tabel. Berdasarkan hasil diatas disarankan agar guru dalam menyampaikan materi pelajaran hendaknya menggunakan metode mengajar yang bervariasi. Dan guru harus dapat membangkitkan motivasi belajar siswa untuk mengikuti kegiatan belajar yang sedang berlangsung. Kata Kunci: NILAI HASIL BELAJAR SISWA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 4672 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Jan 2010 11:47 |
Last Modified: | 20 Jan 2010 11:47 |
Repository Staff Only: item control page