PERBEDAAN ASUPAN ENERGI, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI ANTARAANAK USIA 4-5 TAHUN DITAMAN KANAK - KANAK DAERAH URBAN DAN SUBURBAN

Falasifah, Usydatul and Noer, Etika Ratna (2014) PERBEDAAN ASUPAN ENERGI, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI ANTARAANAK USIA 4-5 TAHUN DITAMAN KANAK - KANAK DAERAH URBAN DAN SUBURBAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
320Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar belakang : Masalah kesehatan yang sering dijumpai dikalangan anak usia4-5 tahundisebabkanolehfaktorgizi. Asupan energy dan aktivitas fisik merupakan faktor yang dapat mempengaruhi status gizi. Adanya perbedaan wilayah tempat tinggal dapat menyebabkan adanya perbedaan status gizipadaanakusia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbadaan asupan energi, aktivitas fisik, dan status gizi antara anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak daerah urban dan sub urban. Metode : Subyek penelitian dengan desain cross-sectional ini terdir idari 34 anak berada di daerah urban dan 34 anak berada di daerah sub urban yang dipilih secara purposive sampling. Data yang diteliti meliputi asupan energi yang diperoleh dari formulir food recall, aktivitas fisik diperoleh dari formulir recall aktivitas fisik, dan status gizi diukur dengan nilai Z-skor berdasarkan IMT/U. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil:Rerata asupan energi dan aktivitas fisik antara kedua kelompok tidak ada beda, sedangkan rerata status gizi antara kedua kelompok terdapat beda. Tidak terdapat perbedaan asupan energi (p=0,080) dan aktivitas fisik (p=0.272) antara kedua kelompok. Terdapat perbadaan status gizi antara kedua kelompok (p=0,050). Simpulan : Tidak terdapat perbedaan asupan energy dan aktivitas fisik antara anak usia4-5 tahun ditaman kanak-kanak daerah urban dan sub urban. Terdapat perbedaan status gizi antara anak usia 4-5 tahun ditaman kanak-kanak daerah urban dan sub urban.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:asupan energi, aktivitas fisik, status gizi, anak usia 4-5 tahun, urban, sub urban
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45782
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jun 2015 11:17
Last Modified:04 Jun 2015 11:17

Repository Staff Only: item control page