PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL TWITTER @WISATASEMARANG DAN KELOMPOK REFERENSI FOLLOWER TERHADAP MINAT FOLLOWER @WISATASEMARANG UNTUK BERWISATA DI KOTA SEMARANG

Iva, Anjar Pawestri (2014) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL TWITTER @WISATASEMARANG DAN KELOMPOK REFERENSI FOLLOWER TERHADAP MINAT FOLLOWER @WISATASEMARANG UNTUK BERWISATA DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.

[img]
Preview
PDF - Published Version
105Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1173Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
459Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1019Kb

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya media baru yaitu media online seperti jejaring sosial twitter. Media sosial akun twitter @wisatasemarang salah satu akun lokal media sosial di Kota Semarang yang mengangkat tema pariwisata Semarang yang mempunyai jumlah follower di atas 25 ribu follower. Hal tersebut semakin menguatkan peran media sosial sebagai media alternatif yang dapat memberikan informasi akurat dan cepat serta dapat dijadikan sebagai media promosi untuk pariwisata Kota Semarang. Konten yang diberikan oleh akun @wisatasemarang yaitu memperkenalkan pariwisata Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran akun media sosial @wisatasemarang dan kelompok referensi terhadap minat follower untuk berwisata di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara tingkat kepercayaan dengan terpaan media sosial akun twitter perolehan persentase sebesar 44,97%. Hubungan positif antara tingkat kepercayaan, terpaan media sosial akun twitter @wisatasemarang dan kelompok referensi dengan pengetahuan follower perolehan persentase sebesar 22.83%. Sedangkan pengaruh terpaan media sosial akun twitter @wisatasemarang dan kelompok referensi follower terhadap minat follower untuk berwisata di Kota Semarang adalah 49,41%, sehingga masih ada 50.59% variabel lain yang memengaruhi minat follower akun twitter @wisatasemarang untuk berwisata di Kota Semarang. Implikasi yang ditimbulkan dalam penelitian ini yaitu dengan penggunaan Teori Uses and Gratifications, Teori Penilaian Sosial, Teori Computer Mediated Communications, dan Teori Penggabungan Informasi relevan dengan hasil penelitian ini, hadirnya akun @wisatasemarang memberikan warna baru dalam kegiatan promosi wisata melalui media alternatif twitter. Akun @wisatasemarang memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan promosi wisata semarang dan memotivasi follower untuk menjadikan media sosial twitter @wisatasemarang sebagai media alternatif dalam memperoleh informasi wisata di Semarang. Kata kunci : twitter, kelompok referensi, minat ABSTRACT This research is motivated by the emergence of new media is online media such as twitter social networking. Social media twitter account @wisatasemarang, a local social media account on Semarang which promote Semarang tourism theme that has the number of followers over 25 thousand followers. This further strengthens the role of social media as an alternative media that can provide fast and accurate information and can be used as a medium for the promotion of tourism Semarang. The content provided by the account @wisatasemarang is to introduce Semarang tourism. This research aims to determine how the role of social media accounts @wisatasemarang and reference groups towards the follower intention to travel at Semarang city. This research is survey method. The sample used in this study was 100 respondents The research findings suggest that there is a positive relationship from levels of trust variable to exposure in social media twitter account with a percentage gain of 44.97 %. Positive relationship from the level of trust, the exposure to social media twitter account @wisatasemarang and the group reference variables to the followers knowledge gain percentage of 22.83 %. While the effects caused by exposure to social media twitter account @wisatasemarang and the reference group of followers to the intention of followers to travel at Semarang city was 49.41 %, so there are still 50.59 % other variables that affect the intention of twitter follower @wisatasemarang to travel at Semarang city. The implications from this research is with the use of Uses and Gratifications Theory, The Social Judgement Theory, Computer Mediated Communications Theory, and Information-Integration Theory are relevant to this study, the presence of the account @wisatasemarang give a new color in tourism promotion activities through alternative media twitter. Accounts @wisatasemarang gave a positive impact on the development of Semarang tourism promotion and encouraged followers to make social media twitter @wisatasemarang as alternative media to obtain travel information in Semarang. Keywords: twitter, reference groups, intention

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:45567
Deposited By:Magister Ilmu Komunikasi
Deposited On:08 May 2015 21:52
Last Modified:18 Dec 2015 18:01

Repository Staff Only: item control page