STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG DALAM PEMENANGAN PEMILU (Studi Kualitatif DPD Partai Golkar Jawa Tengah Dalam Pemilu Legislatif 2014)

Suparman, S (2015) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG DALAM PEMENANGAN PEMILU (Studi Kualitatif DPD Partai Golkar Jawa Tengah Dalam Pemilu Legislatif 2014). Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.

[img]
Preview
PDF - Published Version
62Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
421Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
151Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
156Kb

Abstract

ABSTRAK Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya agar tujuan tersebut dapat dicapai. Strategi komunikasi politik merupakan usaha bagaimana proses yang terjadi di dalam pemenangan dalam suatu pertarungan politik oleh partai politik, atau secara langsung oleh seorang calon legislatif yang menghendaki kekuasaan sebesar-besarnya di tengah-tengah masyarakat sebagai konstituennya. Strategi komunikasi politik dalam penelitian ini, yang dikaitkan dengan pesan-pesannya dalam kampanye untuk memenangkan dalam pemilu legislatif, maka penulis mengadopsi konsep Elaboration Likelihood Model (ELM ) dari Petty dan Cacciopo, merupakan hal yang penting dalam mewujudkan tujuan utama politik terutama para caleg partai Golkar Provinsi Jawa Tengah. Mengingat tingkat kompetisi yang tinggi pada pemilu 2014, maka komunikasi politik ini mendasarkan pada paradigma Postpositivisme, metode penelitian diskriptif kualitatif dan triangulasi sumber data. Sedangkan obyek penelitian ini adalah para caleg Golkar yang duduk menjadi anggota legislatif di DPRD Provinsi Jawa Tengah. Bagi para calon legislatif pesan dalam kampanye merupakan hal yang sangat penting dan menentukan. Oleh karena itu, jika strategi komunikasi politik yang digunakan salah bisa mengakibatkan kekalahan dalam pengumpulan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik caleg Golkar antara lain melakukan komunikasi dengan pesan persuasif yang dilakukan secara masif dengan cara door to door, silaturahmi dengan simpatisan dan konstituen, yang melibatkan tim sukses, jaringan tokoh masyarakat terbukti sepuluh calon legislatif berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Strategi ini dilakukan untuk mencapai tujuan komunikasi politik yakni, partisipasi politik, sosialisasi politik, pendidikan politik dan rekruitmen politik . Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Politik, Caleg, Pemilihan Legislatif 2014. ABSTRACT Strategy is the process of determining the plan the leaders focused on the long-term goals of the Organization, accompanied by the preparation of a way or attempt to make those goals can be achieved. Political communication strategy is how the process is going on inside of the winner in a political fight by political parties, or directly by a legislative candidate who wants the maximum power in the midst of society as its constituents. Political communication strategies in the study, which is associated with its message in a campaign to win in legislative elections, then the author adopted the concept of the Elaboration Likelihood Model (ELM) from the Petty and Cacciopo, is crucial in realizing the ultimate goal of politics especially the Golkar party's parliamentary candidates of Central Java province. Given the high level of competition at the 2014 elections, then this political communication basing on the paradigm of Postpositivisme, diskriptif and qualitative research methods triangulation of data sources. Whereas the object of this research is the parliamentary candidates who sat the Golkar became a member of the legislature in the PROVINCIAL GOVERNMENT of Central Java province. For legislative candidates in the campaign's message is very important and decisive. Therefore, if the political communication strategies are used incorrectly could lead to defeat in the collection of votes. The results showed that the Golkar parliamentary candidates political communication strategies include doing a persuasive message with communication is carried out by means of a massive door to door, hospitality with sympathizers and constituent, which involves a team of successful, proven socialite network ten legislative candidates successfully elected to the PARLIAMENT of Central Java province. This strategy is carried out to achieve the goal of political communication that is, political participation, political socialization, political education and political recruitment Keywords : strategy, political communications, parliamentary candidates, legislative elections of 2014.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:45516
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2015 16:36
Last Modified:18 Dec 2015 18:43

Repository Staff Only: item control page