Risa Rimayanti, Yudia (2015) ANALISIS PERILAKU DAN KINERJA PUSTAKAWAN TERHADAP PELAYANAN PADA LAYANAN SIRKULASI BERDASARKAN SIKAP COURTESY DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, UNDIP.
| PDF (BAB I) 155Kb | |
| PDF (BAB II) 219Kb | |
| PDF (BAB III) 198Kb | |
| PDF (BAB IV) 203Kb |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Perilaku dan Kinerja Pustakawan Terhadap Pelayanan pada Layanan Sirkulasi di Kantor Perputakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kendal”. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah hal utama selain ketersediaan informasi yang menjadi penilaian pemustaka dan masyarakat yaitu pelayanan yang diberikan oleh pustakawan dalam melayani kebutuhan pemustaka. Masih banyak pemustaka yang mempunyai persepsi negatif bagi para pustakawan seperti, pustakawan yang terlihat jutek, tidak ramah dan tidak lengkap dalam memberikan jawaban pada setiap pertanyaan pemustaka. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui perilaku dan kinerja pustakawan pada layanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk studi kasus, karena penulis ingin mendapatkan gambaran fenomena perilaku pustakawan di bagian layanan sirkulasi di dalam perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Selain itu, penulis juga mengambil objek dan subjek dalam penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah perilaku dan kinerja pustakawan di layanan sirkulasi, yang terdiri dari 2 orang pustakawan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka yang memanfaatkan jasa di layanan sirkulasi, terdiri dari 6 orang pemustaka yaitu 2 orang pelajar, 2 orang mahasiswa, dan 2 orang masyarakat umum. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aspek perilaku courtesy pustakawan yang terdiri dari perilaku penuh perhatian (attentive), penuh pertolongan (helpful), sopan (polite), peduli (respect), dan tenggang rasa (considerate), serta dengan aliran psikologi yaitu psikologi behaviorisme, psikologi psikoanalisa, dan psikologi humanistik, perilaku dan kinerja pustakawan dalam melayani pemustaka sudah baik. Namun masih ada kendala yang dialami oleh pustakawan di layanan sirkulasi dalam menunjukan perilaku dan kinerjanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
ID Code: | 45116 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 03 Feb 2015 10:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 09:05 |
Repository Staff Only: item control page