RANCANG BANGUN GOKART DENGAN MESIN PENGGERAK MANUAL GL PRO NEOTECH 160 CC ( DESIGN WITH THE ENGINE MANUAL KART GL NEOTECH PRO 160 CC )

Mardyanto, Arga Eko and Atmanto, Ireng Sigit (2014) RANCANG BANGUN GOKART DENGAN MESIN PENGGERAK MANUAL GL PRO NEOTECH 160 CC ( DESIGN WITH THE ENGINE MANUAL KART GL NEOTECH PRO 160 CC ). Undergraduate thesis, D3 Teknik Mesin.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

135Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

761Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

151Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
59Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb

Abstract

Dalam dunia balap yang sangat kompetitif, dibutuhkan sebuah Gokart yang aman, nyaman, dan performa mesin yang baik pada saat dipacu di arena balap. Gokart ini dibuat untuk sarana pengetahuan otomotif bagi mahasiswa Program Studi Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegro. Mesin gokart yang digunakan adalah mesin sepeda motor GL Neotech 160 cc dan berdaya maksimum 14,7 HP dengan menggunakan kopling manual. Rangka yang digunakan terdiri dari material utama dan pendukung, yang kemudian di las menjadi satu sehingga menjadi gokart. Kinerja gokart telah diuji dengan parameter operasi sebagai berikut : Kecepatan maksimal terjadi pada saat pengujian ke-2, ketik menempuh jarak 0-60 m dengan kecepatan awal 0 (nol) yaitu sebesar Vmaks = 20,16 m/s = 72,57 km/jam. Percepatan maksimal maksimal terjadi pada saat pengujian ke-2, pada jarak 0-20 m, yaitu sebesar amaks = 4,03 m/s2. Waktu tempuh tercepat terjadi pada saat pengujian ke-2, yaitu dari jarak 0-100 meter hanya membutuhkan waktu sebesar 10,3 detik. Jarak pengereman maksimal (terdekat) dengan kecepatan awal 17,58 m/s, terjadi pada pengujian pertama yaitu sebesar S = 10,58 meter. Perlambatan maksimal dengan kecepatan awal 17,58 m/s, terjadi pada saat pengujian ke-2, yaitu sebesar -amaks = 14,7 m/s2 . Waktu tercepat yang dibutuhkan gokart untuk berhenti dari kecepatan 17,58 m/s sampai dengan 0 m/s adalah sebesar 1,2 detik. KATA KUNCI Gokart, penggerak manual GL Pro Neotech 160 CC, dengan kecepatan maksimum 20,16 m/s dan dengan perlambatan maksimum 14,7 m/s2 In the highly competitive world of racing , karting needed a safe , comfortable , and good engine performance when driven on the racecourse . Karting was made for automotive knowledge means for the students of Diploma Mechanical Engineering Faculty of Engineering, University of Diponegro . Gokart machine used was GL Neotech motorcycle engines 160 cc and a maximum power of 14.7 HP by using a manual clutch . Frame used consists of a main and supporting material , which is then welded into one that becomes a gokart . Performance kart has been tested with the following operating parameters : maximum speed occurs during the 2nd test , type a distance of 0-60 m with an initial velocity 0 ( zero ) is equal to Vmax = 20.16 m / s = 72.57 km / hours . Maximum maximum acceleration occurs during the 2nd test , at a distance of 0-20 m , is equal Amaks = 4.03 m / s2 . The fastest travel time occurs during the 2nd test , that is, from a distance of 0-100 meters only takes 10.3 seconds . Maximum braking distance ( nearest ) with initial velocity 17.58 m / s , occurs at the first test that is equal to S = 10.58 meters . Maximum deceleration with initial velocity 17.58 m / s , occurred during the 2nd test , the amount of -amaks = 14.7 m / s2 . The time it takes the fastest kart to stop from speed 17.58 m / s to 0 m / s is 1.2 seconds . KEYWORDS Karts, driving manual GL Pro Neotech 160 CC , with a maximum speed of 20.16 m / s and the maximum deceleration of 14.7 m / s2

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:44922
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Dec 2014 09:26
Last Modified:29 Dec 2014 09:26

Repository Staff Only: item control page