HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ASAP DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo Kota Semarang, Jawa Tengah

Sari, Uun Uniati Melinda and Priyanto, Djoko (2014) HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ASAP DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo Kota Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1035Kb
[img]
Preview
PDF
106Kb
[img]
Preview
PDF
247Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
190Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

85Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

17Kb
[img]
Preview
PDF
5Kb
[img]
Preview
PDF
295Kb

Abstract

LatarBelakang : Indonesia merupakan Negara kepulauan. Sebagian besar penduduk Indonesia yang tinggal di pesisir pantai bekerja sebagai pengasap ikan. Dampak buruk dari paparan asap yang langsung mengenai rongga mulut secara terus menerus dapat menyebabkan keadaan patologis berupa karies. Kandungan pada asap yang diduga menyebabkan karies gigi adalah tar dan senyawa asam. Tujuan: Mengetahui hubungan antara paparan asap dengan kejadian karies gigi pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang Metode : Jenis penelitian yang dilakukan dengan desain cross-sectional. Sample penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling. Uji normalitas dengan menggunakan Saphiro Wilk dan uji hipotesis analisis bivariat dengan uji Chi-Square Hasil : Terdapat perbedaan karies yang bermakna pada kelompok terpapar dan tidak terpapar asap (p < 0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara paparan asap dengan kejadian karies gigi pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kata Kunci : Pekerja pengasapan ikan, paparan asap, karies gigi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44896
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Dec 2014 08:52
Last Modified:18 Dec 2014 08:52

Repository Staff Only: item control page