TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN PASIEN ICU DI INSTALASI RAWAT INTENSIF RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Maqbulla, Mochamad Azam and Pujo , Jati Listyanto (2014) TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN PASIEN ICU DI INSTALASI RAWAT INTENSIF RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
384Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]
Preview
PDF
468Kb
[img]
Preview
PDF
115Kb
[img]
Preview
PDF
139Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

252Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

99Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
662Kb

Abstract

Latar belakang :. Pelayanan ICU secara umum telah dievaluasi dengan menilai tindakan keparahan disesuaikan angka kematian, lama tinggal, dan besarnya biaya administrasi terhadap tingkat efisiensi perawatan. Kepuasan keluarga menjadi pusat dari hasil yang sedang diakui sebagai ukuran kualitas pelayanan perawatan di ICU. Anggota keluarga seringkali menentukan kepuasan dengan pelayanan yang diberikan di ICU/HCU. Dilihat dari perawatan berkualitas, kepuasan terhadap perawatan merupakan domain penting, terutama bagi pasien sakit kritis karena hasil status kesehatan yang diinginkan mungkin tidak tercapai. Maka Kepuasan keluarga pasien merupakan bagian dari penilaian suatu pelayanan perawatan pasien ICU/HCU. Tujuan : mengukur tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan perawatan pasien ICU/HCU Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Sampel penelitian ini adalah anggota keluarga pasien yang sudah tinggal 48 jam atau lebih di Instalasi Rawat Intensif. Data diperoleh dari data kuesioner dengan wawancara mendalam kepada anggota keluarga pasien. Hasil : Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap bukti fisik adalah puas dengan nilai indeks 78,25;Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap kehandalan adalah puas dengan nilai indeks 81,65;Tingkat kepuasan keluaga pasien terhadap daya tangkap adalah puas dengan nilai indeks 80,12; Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap jaminan adalah puas dengan nilai indeks 82,05;Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap empati adalah puas dengan nilai indeks 80,4 Kesimpulan : Berdasarkan hasil data kuesioner dengan wawancara mendalam kepada keluarga pasien, rata-rata tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap semua aspek pelayanan perawatan pasien ICU/HCU di Instalasi Rawat Intensif adalah puas. Tidak ditemukan adanya aspek pelayanan yang dibawah puas. Kata Kunci : Kepuasan keluarga pasien, Instalasi Rawat Intensif, pelayanan perawatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44835
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Dec 2014 09:46
Last Modified:11 Dec 2014 09:46

Repository Staff Only: item control page