MODIFIKASI RANCANG BANGUN ALAT UJI POMPA INJEKSI MOTOR DIESEL MULTI SILINDER ( MODIFICATION DESIGN OF INJECTION PUMP TEST EQUIPMENT MULTI CYLINDER DIESEL ENGINE )

Muhtadi, Muhamad and Atmanto, Ireng Sigit and Darmanto, Seno (2013) MODIFIKASI RANCANG BANGUN ALAT UJI POMPA INJEKSI MOTOR DIESEL MULTI SILINDER ( MODIFICATION DESIGN OF INJECTION PUMP TEST EQUIPMENT MULTI CYLINDER DIESEL ENGINE ). Undergraduate thesis, D3 Teknik Mesin.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

83Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

230Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
105Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

Motor diesel merupakan mesin yang banyak digunakan untuk berbagai bidang antara lain untuk sektor industri dan transportasi.Pompa Injeksi (Injection pump) adalah salah satu bagian dari mesin diesel yang paling utama dan berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki dan kemudian disalurkan keruang bakar (silinder) dengan cara disemprotkan pada saat yang tepat oleh injektor,sehingga terjadi pembakaran didalam ruang bakar (silinder) dengan baik.Pompa injeksi bekerja atas dasar gerakan dari camshaft yang berputar sehingga menghasilkan gerakan bolak-balik dari pegas dan plunyer,dengan gerakan bolak-balik plunyer akan menekan bahan bakar yang masuk melalui lubang isap serta melewati katup dan kemudian keluar dari pipa tekanan tinggi menuju injektor yang kemudian disalurkan ke dalam silinder. Oleh karena sangat pentingnya peran pompa injeksi dalam konstruksi dan kinerja mesin diesel,maka diperlukan suatu alat uji untuk mengetahui kinerja pompa injeksi tesebut. Prinsip perencanaan alat uji pompa injeksi ini yaitu dengan memutarkan poros pompa injeksi dengan motor listrik sesuai dengan kecepatan putaran yang ditentukan kemudian menyalurkan bahan bakar yang keluar dari pompa injeksi ke dalam gelas ukur agar diketahui apakah ada perbedaan volume bahan bakar yang disuplai ke masing-masing ruang bakar. Dari hasil pengujian bahan bakar untuk tiap silinder menunjukan bahwa silinder 1 hasilnya -0,12 ml, silinder 2 hasilnya 7,4 ml, silinder 3 hasilnya 10,75 ml, dan silinder 4 hasilnya 3,57 ml. Maka dapat disimpulkan bahwa pompa injeksi yang diuji secara umum masih dalam kondisi baik kecuali pada silinder 1 perlu diperbaiki.Ada perbedaan antara hasil pengujian untuk silinder 1 sampai 4. Kata kunci : Pompa Injeksi, Motor Diesel Diesel motor is a machine which is widely used for a variety of fields including industrial sector and transportasi.Pompa for Injection (Injection Pump) is one part of most major diesel engine and serves to pump fuel from tangk and then channeled fuel space (cylinder) by spraying at the right time by the injector, resulting in combustion in the combustion chamber (cylinder) with baik.Pompa injection works on the basis of the movement of the camshaft rotates so as to produce alternating movement of the spring and plonyer, with the movement of the plunger will bpliak forth compressing the fuel that goes through the hole and through the suction valve and then out of the high pressure pipe to the injector which is then channeled into the cylinder. Therefore very important role in the construction of the injection pump and injection pump performance proficiency level. The principle of planning the injection pump test equipment that is by rotating the injection pump shaft with an electric motor in accordance with the prescribed rotation speed and then deliver fuel coming out of the injection pump into a measuring cup in order to know whether there are differences in the volume of fuel supplied to each space fuel. From the test results for each fuel cylinder indicates that the results are -0.12 ml cylinder 1, cylinder 2 result is 7.4 ml, the result is 10.75 ml cylinder 3 and cylinder 4 3.57 ml.Maka the results it can be concluded that the injection pump tested were generally still in good condition except the cylinder 1 needs to be fixed. Keywords: Injection Pumps, Diesel Engine

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:44438
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Nov 2014 08:31
Last Modified:20 Nov 2014 08:31

Repository Staff Only: item control page