HUBUNGAN RASIOLINGKAR PINGGANGTERHADAP TINGGIBADAN DENGAN KADAR HDLDAN TRIGLISERIDA (Studi Kasus Pada Lansia di Instalasi Geriatri Paviliun Lanjut Usia Prof. Dr. Boedhi Darmojo RSUP Dr. Kariadi Semarang)

Puspitasari, Ajeng and Puruhita, Niken (2014) HUBUNGAN RASIOLINGKAR PINGGANGTERHADAP TINGGIBADAN DENGAN KADAR HDLDAN TRIGLISERIDA (Studi Kasus Pada Lansia di Instalasi Geriatri Paviliun Lanjut Usia Prof. Dr. Boedhi Darmojo RSUP Dr. Kariadi Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
222Kb
[img]
Preview
PDF
96Kb
[img]
Preview
PDF
142Kb
[img]
Preview
PDF
47Kb
[img]
Preview
PDF
123Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

104Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

36Kb
[img]
Preview
PDF
39Kb
[img]PDF
257Kb

Abstract

LATAR BELAKANG, Rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan merupakan prediktor yang lebih kuat untuk mengukur lemak intra abdomen daripada IMT. Angka rasio menunjukkan >0,5, menunjukkan adanya obesitas sentral . Berbagai kondisi kesehatan brhubungan dengan obsitas sentral antara lain dyslipidemia, hipertensi dan diabetes mellitus. METODE, Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden berjumlah 47 lansia berusia ≥60 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan melihat kadar HDL dan Trigliserida, selanjutnya dilakukan pengukuran lingkar pinggang dan tinggi badan. Hasil penelitian diuji dengan uji Korelasi Pearson dan uji Korelasi-Rank Spearman. HASIL, Proporsi subjek perempuan, prosentasenya sebesar 63,8%, sedangkan pada laki-laki sebesar 36,2%. Hubungan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan dengan kadar Trigliserida tidak signifikan. Hubungan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan dengan kadar HDL tidak signifikan. SIMPULAN, Tidak terdapat hubungan antara rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan dengan kadar HDL dan Trigliserida. KATAKUNCI, rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan , HDL, Trigliserida

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44430
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2014 14:13
Last Modified:19 Nov 2014 14:13

Repository Staff Only: item control page