PENGARUH PEMBERIAN HEPARIN SUBKUTAN SEBAGAI PROFILAKSIS TROMBOSIS VENA DALAM (TVD) TERHADAP NILAI D-DIMER PADA PASIEN SAKIT KRITIS DI ICU RSUP DR. KARIADI

Kartadi, David Hani and Arifin, Johan (2013) PENGARUH PEMBERIAN HEPARIN SUBKUTAN SEBAGAI PROFILAKSIS TROMBOSIS VENA DALAM (TVD) TERHADAP NILAI D-DIMER PADA PASIEN SAKIT KRITIS DI ICU RSUP DR. KARIADI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
203Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
234Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF
197Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

91Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

91Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

49Kb
[img]
Preview
PDF
880Kb

Abstract

Latar Belakang : Pasien sakit kritis adalah pasien dengan penyakit atau kondisi yang mengancam keselamatan jiwa pasien tersebut. Pasien dengan kondisi semacam ini memiliki risiko yang tinggi terhadap kejadian komplikasi seperti trombosis vena dalam (TVD). Pemberian antikoagulan dapat digunakan untuk membantu mencegah komplikasi ini. Tujuan : Membuktikan efektivitas pemberian heparin subkutan sebagai profilaksis trombosis vena dalam (TVD) pada pasien sakit kritis di ICU RSUP dr. Kariadi. Metode : Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data dari catatan medik RSUP dr. Kariadi Semarang. Jumlah sampel 15 pasien yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, dimana data yang di ambil yaitu nilai D-dimer sebelum dan setelah pemberian heparin subkutan. Data dideskripsikan dengan tabel dan dilakukan uji beda wilcoxon signed rank test dengan program komputer. Hasil : Terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai D-dimer sebelum dan sesudah pemberian heparin subkutan pada hari kedua (p=0,033) dan hari ketiga (p=0,005). Nilai rerata D-dimer menunjukan adanya penurunan dari hari pertama (4082.27 ± 319.790) menjadi 3672.20 ± 343.138 pada hari kedua dan 3122.53 ± 357.180 pada hari ketiga. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai D-dimer sebelum dan setelah mendapatkan terapi heparin subkutan dosis profilaksis pada pasien sakit kritis dengan risiko trombosis vena dalam di ICU RSUP dr. Kariadi. Kata kunci : TVD, D-dimer, heparin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:43752
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Sep 2014 10:40
Last Modified:26 Sep 2014 10:40

Repository Staff Only: item control page