PERBEDAAN POLA KEPEKAAN TERHADAP ANTIBIOTIK PADA Streptococcus pneumoniae YANG MENGKOLONISASI NASOFARING BALITA (Penelitian belah lintang pada balita yang tinggal di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang)

Saputro, Addy and Farida, Helmia and Firmanti, Stefani Chandra (2013) PERBEDAAN POLA KEPEKAAN TERHADAP ANTIBIOTIK PADA Streptococcus pneumoniae YANG MENGKOLONISASI NASOFARING BALITA (Penelitian belah lintang pada balita yang tinggal di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
292Kb
[img]
Preview
PDF
91Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
111Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

52Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

37Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Kb
[img]
Preview
PDF
589Kb

Abstract

Latar Belakang S. pneumoniae merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pneumonia. Kolonisasi S. pneumoniae terdapat pada saluran pernapasan. S. pneumoniae di nasofaring banyak dijumpai pada anak. Pemberian antibiotik merupakan salah satu kunci terapi pneumonia. Pengobatan infeksi S. pneumoniae menjadi lebih kompleks sehubungan dengan munculnya resistensi terhadap antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prevalensi dan pola kepekaan terhadap antibiotik pada S. pneumoniae yang mengkolonisasi nasofaring balita di tengah dan pinggiran kota Semarang. Metode Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pengambilan data secara cross sectional. Subyek penelitian adalah balita usia 6 – 60 bulan yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diwawancara dan dilakukan pengambilan swab nasofaring. Hasil swab nasofaring diidentifikasi jenis kumannya dan dilakukan tes kepekaan terhadap antibiotik dengan menggunakan disk diffusion method. Pembacaan sesuai dengan kriteria CLSI 2012. Hasil Dari 174 subyek diperoleh prevalensi S. pneumoniae 13,2%. Terdapat perbedaan pola kepekaan yang bermakna terhadap antibiotik tetracycline pada S. pneumoniae yang mengkolonisasi nasofaring balita di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang (p=0,040). Tidak terdapat perbedaan pola kepekaan yang bermakna terhadap antibiotik penisilin, erythromycin, vankomisin, levofloxacin, trimethoprim-sulfamethoxazole, multidrug resistant (p>0,05). Prevalensi pola kepekaan antibiotik keseluruhan didapatkan tetracycline (78,3%), trimethoprim-sulfamethoxazole (52,2%), penisilin (47,8%), erythromycin (17,4), vankomisin (8,7%), levofloxacin (8,7%), MDR (39,1%). Simpulan Terdapat perbedaan bermakna pola kepekaan terhadap antibiotik tetracycline pada S. pneumoniae yang mengkolonisasi nasofaring balita yang tinggal di tengah kota lebih tinggi daripada balita yang tinggal di pinggiran kota Semarang. Kata Kunci Streptococcus pneumoniae, pola kepekaan antibiotik, tetracycline

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:43698
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Sep 2014 10:53
Last Modified:17 Sep 2014 10:53

Repository Staff Only: item control page