Manajemen Pelaksanaan dan Analisa Biaya Bekisting pada Pekerjaan Proyek (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Astra Honda Motor Semarang)

Budi , Rohmad Wijayanto and M. Yudi , Purnawan (2014) Manajemen Pelaksanaan dan Analisa Biaya Bekisting pada Pekerjaan Proyek (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Astra Honda Motor Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

Perkembangan dunia kontruksi di Indonesia semakin cepat. Pelaksanaan pembangunan harus dilakukan secara efisien dan efektif untuk mendapatkan hal-hal yang disyaratkan dalam proyek seperti biaya, waktu, dan mutu. Analisa manajemen pelaksanaan perludilakukan agar didapat metode pelaksanaan yang efektif serta biaya pekerjaan yang efisien. Tahapan dalam penelitian Metode Pelaksanaan dan Analisa Biaya Pekerjaan Proyek ini yang pertama yaitu :Perencanaan daftar kombinasi potongan tulangan dan material bekisting dengan menggunakan software Go Nest 1D dan Go Nest 2D.Perhitungan volume pekerjaan pada proyek yang meliputi pekerjaan pondasi, tie beam, kolom, balok, plat, tangga, shearwall, GWT (Ground Water Tank).PerhitunganRAB pada pekerjaan proyek, yang dilakukan dengan mengalikan volume tiap pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan, sehingga didapat biaya untuk seluruh elemen struktur gedung.Perhitungan kekuatan plat dan balok pada pekerjaan proyek, untuk keperluan pembongkaran bekisting secara manual, dengan memperkirakan waktu pelepasan bekisting plat dan balok. Perhitungan perbandingan dua metode pekerjaan yakni pada metode pertama fabrikasi bekisting plat dilakukan pada tiga lantai awal, sedangkan pada metode kedua fabrikasi bekisting hanya dilakukan pada dua lantai awal. Perbandingan pekerjaan plat dilakukan berdasarkan waktu pekerjaan dan biaya proyek (biaya langsung dan tak langsung). Analisa manajemen pelaksanaan dilakukan agar didapat metode pelaksanaan yang efektif serta biaya pekerjaan yang efisien, sehingga dari hasil perbandingan kedua metode tersebut dapat diambil kesimpulan metode kedua lebih efisien dan dapat diaplikasikan pada pelaksanaan proyek, dengan selisihbiaya pekerjaan sebesar Rp. 277.288.777,- dan selisih durasi pekerjaan lebih lama 5 hari. Kata kunci: Metode Pelaksanaan, VolumePekerjaan, Analisa Harga Satuan Pekerjaan,RAB.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43636
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:04 Sep 2014 14:23
Last Modified:04 Sep 2014 14:23

Repository Staff Only: item control page