Sekolah Luar Biasa Tuna Netra di Pemalang

AYU ATI, KENYO and Hartuti Wahyuningrum, Sri and Malik, Abdul (2014) Sekolah Luar Biasa Tuna Netra di Pemalang. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
233Kb
[img]
Preview
PDF
104Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

357Kb
[img]
Preview
PDF
182Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb

Abstract

Pendidikan merupakan hal setiap warna negara dan setiap warga nega berhak memperoleh penddikan yang layak. Tuna netra merupakan orang yang mengalami gangguan penglihatan, sehingga mengalami banyak kendala dalam menjalani kehidupan sehari – harinya, karenanya tuna netra memerlukan sekolah yang mampu memberi mereka ilmu pengetahuan dan ketrampilan untuk menjalani hidup. Pemalang merupakan kabupaten yang hingga saat ini masih menjadi pusat konsentrasi kegiatan pendidikan siswa tuna netra di Provinsi Jawa Tengah. Namun, sekolah tuna netra yang ada saat ini belum di desain khusuus pengguna tuna netra sesuai dengan kebutuhan dan karakter mereka. Kajian diiiawali dengan memplajari tentang pengertian sekolah luar biasa, pengertian dan karakter tuna netra, kajian tentang penerapatan warna dan elemen sensorik pada ruang untuk pendidikan, serta studi preseden pada beberapa sekolah khusus tuna netra yang ada dan studi eksisting mengenai sekolah luar biasa tuna netra di Pemalang. Dilakukan juga tinjauan mengenai Kabupaten Pemalang , perkembangan pendidikan tuna netra serta kurikulum pembelajaran, dan komparasi antara studi preseden dan studi eksisting. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan pemahaman perilaku dan karakter tuna netra yang diimplementasikan dengan penerapan elemen-elemen multi sensori yang diperlukan oleh tuna netra sesuai dengan karakter mereka, selain itu dilakukan pendekatan kelompok kegiatan, pendekatan kapasitas dan besaran ruang, tapak terplih menggunakan tapak eksisting SLB N 1 Pemalang. Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, problem desain, serta perencanaan ruangsebagai panduan tadap desain selanjutnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:43429
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jul 2014 08:53
Last Modified:25 Jul 2014 08:53

Repository Staff Only: item control page