Semarang Airsoft Headquarter

BintangVerdyanto, Yohanes and Riskiyanto, Resza and Indrosaptono, Djoko (2014) Semarang Airsoft Headquarter. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
518Kb
[img]
Preview
PDF
466Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1452Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

264Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

909Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

610Kb
[img]
Preview
PDF
271Kb

Abstract

Airsoft adalah olahraga yang memiliki komunitas yang cukup besar di Semarang. Sedikitnya terdapat enam klub airsoft yang resmi terdaftar di PORGASI Jawa Tengah. Para pecinta olahraga airsoft ini selain aktif bermain setiap minggunya, juga telah beberapa kali menyelenggarakan event. Beberapa event yang telah diadakan bekerjasama dengan perbakin dan banteng raider. Pecinta olahraga airsoft di Semarang semakin bertambah tiap tahunnya, namun tidak diimbangi dengan fasilitas bermain yang memadai. Melihatfenomenadanpermasalahantersebut, perludirancangsebuahwadahbagipecintaolahraga airsoft. Olehkarenaituperludibuat arena permainan airsoft di Semarang baikdenganfasilitas arena outdoor dan indoor, sertafasilitas lain termasukfasilitaskomersil yang menunjang, sepertitoko, persewaan, dantempatservis airsoft. Pembahasan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : studi pustaka/ studi literatur, data dari instansi terkait, wawancara dengan narasumber, observasi lapangan serta browsing internet. Kemudian mendokumentasikan data dan mengadakan studi banding. Data yang telah terkumpul, diidentifikasi dan dianalisa denganmembandingkandengan arena airsoft yang sudahada di Indonesia, sehingga tersusun Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur bangunan Semarang Airsoft Headquarter denganpenekanandesain Hi-Tech Architecture. Penekanandesain yang digunakandalamperancangan Semarang Airsoft Headquarter iniadalahkonsep Hi-Tech Architecture. Bangunan mengekspresikan kesan modern dan dinamis dengan menonjolkan ‘hi-tech impression’ (silver aesthetic) yang di dapat bukan hanya melalui penggunaan warna abu-abu metalik, biru, merah, maupun kuning, tetapi juga melalui keharmonisan elemen-elemen yang melatar belakanginya. Sebagaikesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, sertagambar-gambar 2 dimensidan 3 dimensisebagaiilustrasidesain.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:43382
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jul 2014 09:58
Last Modified:18 Jul 2014 09:58

Repository Staff Only: item control page