Manajemen Lalu Lintas Satu Arah Kawasan Barat Kota Semarang

Harfit , Langlang Buono Putra and Yogreza , Berlyawardhana (2013) Manajemen Lalu Lintas Satu Arah Kawasan Barat Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Kawasanbarat Semarang selainsebagaipusatperkantoranjugasebagaipusatlayananpubliksehinggapada jam sibukterjadipeningkatan volume kendaraan di beberaparuasjalan. Akibatpeningkatan volume tersebutakanmenimbulkankemacetan. RuasjalandenganpotensikemacetanadalahjalanSugiyopranoto, JalanImam Bonjol, danJalanpemuda.Gagasanberupamanajemenlalulintassatuarahdiajukanuntukmemperlancararuslalulintasdanmenguraikemacetandenganmendistribusikanaruslalulintas yang adapadajaringanjalan di kawasantersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikinerjajaringanjalansekitarTuguMudauntukkondisisaatinidanuntukkondisiketikasistemsatuarahditerapkanpadawilayahkajiansertamemberikanrekomendasisistempengaturanlalulintas yang lebihbaik. Pengamatanberupasurveilalulintasdilakukanpadaruasjalandansimpangpadajalinanjalan di Kawasan Barat Semarang.Analisiskinerjalalulintasberdasarkanpada Manual KapasitasJalan Indonesia (MKJI) 1997 dengananalisiskondisieksistingterjenuhpada jam puncakpagi, siang, dan sore sebagaidata acuanuntukperancanganjangkapendek.Manajemenlalulintassatuarah yang diterapkanakanmenghasilkanbeberapapengaturanberupaperubahanwaktuhijaupadasimpangbersinyal, perubahanrutejalan, pengalihanaruslalulintasdenganpenerapanjalansatuarahberantaipadajaringanjalan, perubahanfasilitaslalulintas,penambahanlajurContra flow khusus bus danangkutanumum, sertaperubahangeometrik. HasilanalisisruasjalanpadakawasankajianmenunjukkanbahwaterdapattigaruasjalandenganDSantara0,75dan 1,00danterdapat 1 ruasjalandengan DS > 1,00 yaitupadaJalanSugiyopranotodengan DS = 1,04. Hasildarianalisissimpangjugamenunjukkankinerja yang kurangmemuaskan.PadabeberapasimpangsepertiSimpangTuguMudadanSimpang Sri Ratumenunjukkanderajatkejenuhanmasihtinggidi beberapapendekatdantundaansimpangnya punmasihbesar.PenerapansistemsatuarahdilakukanpadaruasJalanSugiyopranoto, seluruhruasJalan Imam Bonjol, seluruhruasJalanPemuda, danJalan Pierre Tendean. Rencanapenerapansistemsatuarahdilakukandengan 2 skenario.Padadasarnyakeduaskenariohampirsama. Perbedaannyaadalahpadaskenario 1 ruasJalanGajahmadamenjadisatuarahkeutaradanpadaskenario 2 JalanGajahmadatetap 2 arah.Hasildarianalisisuntukkondisisatuarahmenunjukkanbahwaskenario 2 memilikikinerjayang lebihbaik.Persebaranaruslalulintasjugaterdistribusioptimal. Parameter yang dilihatadalahperubahankecepatandanwaktutempuh yang dapatdirasakanlangsungolehpenggunajalan.Skenario 2 menjadiskenario yang direkomendasikanuntukpenataanlalulintasKawasan Barat Kota Semarang. Rancanganuntukpenerapansistemsatuarahinidapatdikatakanbaikuntukpenangananpermasalahanjangkapendek.Pada masa yang akan datang dapat dilakukan manajemen lalu lintas satu arah pada ruang lingkup yang lebih besar setelah penerapan pada kawasan Barat Semarang ini berhasil dilakukan. Kata kunci: Manajemensatuarah, Kinerjalalulintas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43352
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jul 2014 08:04
Last Modified:17 Jul 2014 08:04

Repository Staff Only: item control page