Harfit , Langlang Buono Putra and Yogreza , Berlyawardhana (2013) Manajemen Lalu Lintas Satu Arah Kawasan Barat Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 90Kb |
Abstract
Kawasanbarat Semarang selainsebagaipusatperkantoranjugasebagaipusatlayananpubliksehinggapada jam sibukterjadipeningkatan volume kendaraan di beberaparuasjalan. Akibatpeningkatan volume tersebutakanmenimbulkankemacetan. RuasjalandenganpotensikemacetanadalahjalanSugiyopranoto, JalanImam Bonjol, danJalanpemuda.Gagasanberupamanajemenlalulintassatuarahdiajukanuntukmemperlancararuslalulintasdanmenguraikemacetandenganmendistribusikanaruslalulintas yang adapadajaringanjalan di kawasantersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikinerjajaringanjalansekitarTuguMudauntukkondisisaatinidanuntukkondisiketikasistemsatuarahditerapkanpadawilayahkajiansertamemberikanrekomendasisistempengaturanlalulintas yang lebihbaik. Pengamatanberupasurveilalulintasdilakukanpadaruasjalandansimpangpadajalinanjalan di Kawasan Barat Semarang.Analisiskinerjalalulintasberdasarkanpada Manual KapasitasJalan Indonesia (MKJI) 1997 dengananalisiskondisieksistingterjenuhpada jam puncakpagi, siang, dan sore sebagaidata acuanuntukperancanganjangkapendek.Manajemenlalulintassatuarah yang diterapkanakanmenghasilkanbeberapapengaturanberupaperubahanwaktuhijaupadasimpangbersinyal, perubahanrutejalan, pengalihanaruslalulintasdenganpenerapanjalansatuarahberantaipadajaringanjalan, perubahanfasilitaslalulintas,penambahanlajurContra flow khusus bus danangkutanumum, sertaperubahangeometrik. HasilanalisisruasjalanpadakawasankajianmenunjukkanbahwaterdapattigaruasjalandenganDSantara0,75dan 1,00danterdapat 1 ruasjalandengan DS > 1,00 yaitupadaJalanSugiyopranotodengan DS = 1,04. Hasildarianalisissimpangjugamenunjukkankinerja yang kurangmemuaskan.PadabeberapasimpangsepertiSimpangTuguMudadanSimpang Sri Ratumenunjukkanderajatkejenuhanmasihtinggidi beberapapendekatdantundaansimpangnya punmasihbesar.PenerapansistemsatuarahdilakukanpadaruasJalanSugiyopranoto, seluruhruasJalan Imam Bonjol, seluruhruasJalanPemuda, danJalan Pierre Tendean. Rencanapenerapansistemsatuarahdilakukandengan 2 skenario.Padadasarnyakeduaskenariohampirsama. Perbedaannyaadalahpadaskenario 1 ruasJalanGajahmadamenjadisatuarahkeutaradanpadaskenario 2 JalanGajahmadatetap 2 arah.Hasildarianalisisuntukkondisisatuarahmenunjukkanbahwaskenario 2 memilikikinerjayang lebihbaik.Persebaranaruslalulintasjugaterdistribusioptimal. Parameter yang dilihatadalahperubahankecepatandanwaktutempuh yang dapatdirasakanlangsungolehpenggunajalan.Skenario 2 menjadiskenario yang direkomendasikanuntukpenataanlalulintasKawasan Barat Kota Semarang. Rancanganuntukpenerapansistemsatuarahinidapatdikatakanbaikuntukpenangananpermasalahanjangkapendek.Pada masa yang akan datang dapat dilakukan manajemen lalu lintas satu arah pada ruang lingkup yang lebih besar setelah penerapan pada kawasan Barat Semarang ini berhasil dilakukan. Kata kunci: Manajemensatuarah, Kinerjalalulintas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 43352 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 17 Jul 2014 08:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2014 08:04 |
Repository Staff Only: item control page