Faza Maldhika, Ginanjar and Hardiman , Gagoek and Setyowati, Erni (2012) Sirkuit Balap Nasional Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 69Kb | |
| PDF 321Kb | |
| PDF 282Kb | |
| PDF 439Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1793Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 770Kb | ||
| PDF 446Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1388Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 621Kb | ||
| PDF 272Kb |
Abstract
Olahraga otomotif di Indonesia sudah ada sejak lama. Sudah tak terhitung jumlah event balap yang diselenggarakan baik mobil maupun motor di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan industri otomotif dunia membuat peminat akan olahraga mahal ini semakin besar.Namun dengan peminat yang besar tempat untuk menyelenggarakan event balap nasional masih sedikit, karena Indonesia saat ini hanya terdapat sirkuit-sirkuit kecil yang belum memenuhi standar balap nasional. Sedangkan kapasitas mesin mobil dan motor untuk balapan semakin meningkat, hal ini tidak sebanding dengan adanya sirkuit kecil tersebut. Sampai saat ini hanya terdapat satu sirkuit yang memenuhi standar Federation Internationale de I’Automobile, Federation Internationale de Motorcyclisme, dan badan dunia otomotif lain di Indonesia. Dengan hanya ada satu sirkuit permanen ini menyebabkan daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi belum bisa terjangkau karena adanya pemusatan kegiatan event balap nasional tersebut.Karena keterpusatan tersebut dengan peminat yang banyak menyebabkan masyarakat pecinta balap lebih memilih untuk melakukan balap di jalanan yang secara hukum ilegal untuk diselenggarakan dikarenakan tidak adanya standar pengamanan dan dapat menimbulkan bahaya pada pengguna jalan lain. Hal ini hampir terjadi di setiap daerah di Indonesia. Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah memiliki populasi penggemar olahraga otomotif yang cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya komunitas otomotif baik roda dua maupun roda empat. Dengan letak Semarang yang berada di tengah jalur pantura pulau Jawa dekat dengan kota-kota besar baik itu Solo, Jogja, Surabaya, Bandung dan kota-kota lain dari luar pulau jawa di Indonesia. Hal ini menjadikan Jawa Tengah khususnya Semarang menjadi tempat paling strategis di Indonesia ditunjang adanya pelabuhan besar dan bandara internasional yang melayani penerbangan dari dan ke wilayah-wilayah di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 42520 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 27 Feb 2014 09:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2014 09:46 |
Repository Staff Only: item control page