Permana Putra, Aditya and Nugroho, Satrio and Indarto, Eddy (2013) Stasiun Besar Cikarang Di Kabupaten Bekasi dengan Konsep Park and Ride. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 444Kb | |
| PDF 145Kb | |
| PDF 195Kb | |
| PDF 366Kb | |
| PDF 183Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1651Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 1212Kb | ||
| PDF 97Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1103Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 127Kb | ||
| PDF 118Kb |
Abstract
Perkembangan kebutuhan transportasi di Jakarta merupakan dampak dari berkembangnya daerah ibu kota itu sendiri, baik dari segi ekonomi, kependudukan, pendidikan maupun yang lainnya. Tidak hanya Jakarta saja yang iktu berkembang, daerah sekitar Jakarta pun terkena dampaknya, salah satunya adalah Kabupaten Bekasi. Kabupaten Bekasi merupakan daerah permukiman dan daerah industri. Banyak penduduk yang bekerja ke arah Jakarta setiap harinya, begitu pun sebaliknya, banyak penduduk dari daerah sekitar Jakarta yang bekerja di daerah Industri yang berada di Kabeupaten Bekasi. Oleh karena itu kebutuhan akan fasilitas transportasi di daerah Kabupaten Bekasi sangat diperlukan demi menunjang aktifitas masyarakat setiap harinya. Transportasi massal merupakan pilihan yang paling tepat dalam rangka menunjang kebutuhan transportasi. Saat ini transportasi yang sedang dikembangkan adalah kereta api. PT. KAI membangun jalur Double-Double Track dari Manggarai sampai Cikarang agar KRL dapat mengangkut lebih banyak penumpang setiap harinya. Pengembangan fasilitas transportasi ini harus diimbangi dengan pengembangan stasiun di daerah cikarang dengan melihat potensi di depannya. Kajian diawali dengan mempelajari pengertian tentang sistem transportasi, pengertian stasiun, dan tinjauan mengenai commuter. Selain itu dilakukan pula studi banding ke stasiun di daerah Jakarta dan Bekasi untuk mempelajari bagaimana sirkulasi dan metode stasiun untuk para commuter. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan konsep park and ride yaitu konsep yang biasa diterapkan untuk fasilitas transportasi yang berada di daerah sub-urban. Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 42417 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 24 Feb 2014 10:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 10:38 |
Repository Staff Only: item control page