Desain Sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) Untuk Sistem Parkir Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)

NUGROHO, SEPTIAN ARI and Munadi, Dr. Eng., ST, MT (2013) Desain Sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) Untuk Sistem Parkir Berbasis Programmable Logic Controller (PLC). Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
356Kb
[img]
Preview
PDF
7Mb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

7Mb
[img]
Preview
PDF
7Mb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan kota-kota besar di Indonesia pada saat ini, maka banyak gedung-gedung bertingkat dibangun sebagai pusat perkantoran dan perbelanjaan. Disisi lain jumlah kendaraan khususnya mobil juga meningkat. Berkenaan dengan hal diatas untuk menyiasati terbatasnya area parkir, pengelola pusat perbelanjaan biasanya membuat area parkir yang bertingkat untuk memenuhi kebutuhan lahan parkir pengunjung di area yang sempit. Tempat parkir yang seperti ini sering kali menyebabkan pengguna parkir kesulitan dalam mencari lokasi parkir yang masih kosong. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, dirancang simulator (miniatur) sistem parkir yang mampu memberikan informasi lokasi parkir terdekat yang masih kosong menggunakan alat Programmable Logic Controller (PLC). Jadi tidak banyak karbon monoksida yang dikeluarkan oleh kendaraan pada saat mencari lokasi parkir, sehingga sistem parkir ini ramah lingkungan. Dalam Tugas Akhir ini dirancang sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) yang berfungsi sebagai controlling dan monitoring sistem parkir tersebut. Software Vijeo Citect digunakan untuk mendesain perangkat lunak sistem SCADA, sedangkan untuk komunikasi sistem SCADA dengan PLC menggunakan serial port RS 232. Perangkat keras sistem SCADA terdiri dari sensor fiber optic yang digunakan sebagai sensor pendeteksi keberadaan mobil, selanjutnya nomor kendaraan diinputkan pada perangkat lunak sistem SCADA, maka secara otomatis sistem SCADA akan menampilkan informasi lokasi parkir terdekat yang masih kosong. Limit switch yang dipasang pada setiap lokasi parkir berfungsi sebagai indikator mobil yang sedang parkir dan juga digunakan sebagai umpan untuk menjalakan timer pada setiap lokasi parkir tersebut. Selanjutnya semua indikator, timer dan biaya parkir tersebut ditampilkan pada perangkat lunak sistem SCADA untuk mempermudah proses controlling dan monitoring simulator sistem parkir tersebut secara real-time. Kata kunci: Sistem parkir, PLC, SCADA, RS 232

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41692
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:24 Jan 2014 14:31
Last Modified:24 Jan 2014 14:31

Repository Staff Only: item control page