RANCANG BANGUN ALAT KERAMAS PORTABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN METODE MORFOLOGI DESAIN

YOLANDA, ADITYA VERA and Jamari, Dr., ST, MT (2013) RANCANG BANGUN ALAT KERAMAS PORTABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN METODE MORFOLOGI DESAIN. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Department, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
380Kb
[img]
Preview
PDF
1252Kb
[img]
Preview
PDF
3130Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3131Kb
[img]
Preview
PDF
3130Kb

Official URL: http://mesin.undip.ac.id

Abstract

Personal hygiene atau perawatan diri adalah kebutuhan fisiologis yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Pasien yang tidak bisa melakukan aktifitas secara mandiri di rumah sakit akan mengalami kesulitan dalam banyak hal salah satunya mencuci rambut. Dalam proses pencucian rambut pasien, perawat memerlukan persiapan alat yang banyak sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama. Oleh karena itu diperlukan inovasi baru untuk menunjang kebutuhan personal higiene supaya kinerja perawat maksimal dan memberikan kenyamanan bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah mendesain alat keramas semi modern dan mengaplikasikan alat yang dibuat untuk pelayanan keperawatan di rumah sakit sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja perawat di rumah sakit. Metode yang digunakan dalam merancang alat keramas portabel adalah metode morfologi desain yang terdiri dari dua langkah utama yaitu pemunculkan ide konsep produk dan pemilihan konsep terbaik. Software CATIA V5R17 digunakan untuk menentukan material yang akan dipakai dalam merancang alat berdasarkan nilai safety factor dan von Misses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa von Misses yang terjadi saat pembebanan 1000N untuk jenis aluminium 1060, 3003 dan 6061 memiliki nilai yang sama yaitu 22,4 Mpa. Aluminium 6061 memiliki safety factor paling tinggi dibandingkan aluminium 1060 dan 3003. Sehingga aluminium 6061 dipilih sebagai material untuk merancang alat keramas portabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan alat yang dapat menggantikan proses manual dengan satu siklus kerja sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja perawat. Kata kunci: alat keramas portabel, pasien, perawat, personal higiene, von Misses.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41651
Deposited By:Mrs yuni nurjanah
Deposited On:24 Jan 2014 09:23
Last Modified:24 Jan 2014 09:25

Repository Staff Only: item control page